IFATUS SA'ADAH, 12208183098 (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kalidawir” ditulis oleh Ifatus Sa’adah, NIM. 12208183098, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Faktor Penyebab Kesulitan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia dan menurunnya minat belajar sehingga belum mencapai nilai KKM 75 yang ditetapkan di SMAN 1 Kalidawir. Hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi antara guru dan siswa. Selain itu, juga disebabkan karena siswa di dalam kelas tidak aktif bertanya. Siswa maupun guru juga sering datang terlambat, dan siswa juga banyak yang memakai pakaian yang tidak rapi. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti tingkat kesulitan siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Kalidawir, (2) mendeskripsikan berbagai macam faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Kalidawir, (3) mendeskripsikan solusi yang diberikan guru biologi dalam mengatasi kesulitan siswa memahami pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Pretest, Posttest, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kesulitan belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan jumlah persentase sebanyak 51,85%. Alasan tingkat kesulitan siswa termasuk dalam kategori sedang karena terdapat 14 siswa yang mendapatkan nilai antara 40-59. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu faktor jasmani dengan persentase sebanyak 36%. Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu faktor sekolah dengan persentase sebanyak 36,5%. 3) Solusi yang diberikan guru biologi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu, guru biologi akan menggunakan metode belajar dan media pembelajaran yang menarik, siswa yang kesulitan belajar dan belum memahami materi sebaiknya bertanya langsung kepada guru daripada bertanya kepada temannya, siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM diberi kesempatan untuk melakukan remidi, kedisiplinan di sekolah harus lebih diketatkan lagi agar tidak ada siswa yang terlambat atau siswa yang datang terlambat mendapatkan hukuman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183098 IFATUS SA'ADAH |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:50 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32940 |
Actions (login required)
View Item |