NAMIRA RIZQI LUTFIA, 12208183149 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ditulis oleh Namira Rizqi Lutfia, NIM. 12208183149, Pembimbing: Haslinda Yasti Agustin, S. Si., M.Pd. Kata Kunci: Media Audiovisual, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang dibuktikan dengan perilaku kurang memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung, berbicara dengan teman sebangku saat pendidik menjelaskan materi, serta tidak aktif dalam proses belajar. Selain itu, peserta didik khususnya mata pelajaran IPA belum mencapai nilai KKM sebesar 75 yang telah ditetapkan MTsN 5 Tulungagung. Penyebabnya adalah interaksi yang kurang intens antara pendidik dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung dengan perlakuan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh media audiovisual terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung, (2) Menganalisis pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pesera didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung, (3) Menganalisis pengaruh media audiovisual terhadap minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental atau Eksperimental Semu, menggunakan bentuk desain penelitian Non-Equivalent Control Group Desain, sampel yang dipilih menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest, Posttest, dan angket. Teknik analisis data ini menggunakan SPSS 25.0 for Windows untuk pengujian Hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji-T dan Hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penggunaan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang dibuktikan oleh hasil uji Independent T-Test dengan nilai t_hitung= 6,220, maka t_tabel < t_hitung yaitu 2,001 < 6,220, serta nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 2) Penggunaan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang dibuktikan oleh hasil uji Independent T-Test dengan nilai t_hitung= 4,109, maka t_tabel < t_hitung yaitu 2,001 < 4,109, serta nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. 3) Penggunaan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang ditunjukan oleh hasil uji Manova dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183149 NAMIRA RIZQI LUTFIA |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32950 |
Actions (login required)
View Item |