DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI TKRO 1 SMK ISLAM 2 DURENAN

MUHAMMAD HAIKAL KURNIA, 12210183134 (2023) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI TKRO 1 SMK ISLAM 2 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI TKRO 1 SMK Islam 2 Durenan” ditulis oleh Muhammad Haikal Kurnia, NIM. 12210183134, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: dampak, pandemi Covid-19, pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid-19 yang berdampak pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI TKRO 1 SMK Islam 2 Durenan. Masa pandemi Covid-19 yang terbilang cukup lama, memberi dampak terhadap kegiatan pembelajaran. Selain mengubah kebiasaan dalam beraktivitas, pandemi Covid-19 sedikit banyak juga mengubah proses kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) wujud dampak pandemi terhadap kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia (2) faktor yang menyebabkan terjadinya dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia (3) upaya guru dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas XI TKRO 1 SMK Islam 2 Durenan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analaisis model Miles dan Huberman terdiri atas tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa wujud dari dampak pandemi Covid-19 beserta dengan faktor penyebab dan upaya guru dalam mengatasi dampak tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut. Wujud dari dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran adalah (1) pembelajaran berubah dari luring menjadi daring, (2) kontrol belajar secara daring lebih sulit dibanding kontrol belajar secara luring, (3) peserta didik menjadi malas, (4) guru dan peserta didik belajar IT (Informasi dan Technology) (5) penyerapan mdan pemahaman materi pelajaran yang kurang maksimal. Faktor penyebab munculnya dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran adalah (1) kebijakan social distancing dan physical distancing, (2) kurangnya pendidikan karakter dan pengaruh dari lingkungan peserta didik, (3) tugas semakin banyak dan terkadang tidak diberikan penjelasan, (4) kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah, (5) tidak senang dengan pembelajaran daring dan jaring an sering bermasalah. Upaya guru dalam mengatasi dampak pandemi terhadap kegiatan pembelajaran adalah (1) melaksanakan pembelajaran daring sesuai dengan kebijakan pemerintah, (2) memberi arahan, mendampingi peserta didik dan melaksanakan pembelajaran tatap muka, (3) memberikan semangat dan motivasi, (4) guru berinovasi dan mempelajari berbagai informasi teknologi, (5) mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183134 MUHAMMAD HAIKAL KURNIA
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:49
Last Modified: 22 Feb 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32969

Actions (login required)

View Item View Item