BEDA PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

NUR HAYATI, 12205183352 (2023) BEDA PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA POP UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Hayati. 12205183352. Beda Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pop Up Book terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: Alat Peraga Pop-Up Book, Motivasi, Hasil Belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang terjadi pada proses pembelajaran masih menjadi topik permasalahan saat ini. Tenaga pendidik masih menyampaikan materi pembelajaran dengan cara konvensional, alat peraga yang kurang menarik akan mengakibatkan siswa kurang tertarik dan tidak memiliki motivasi untuk memahami materi pembelajaran salah satunya mata pelajaran IPA. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran IPA disebabkan kurangnya pemanfaatan alat peraga dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan materi. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam proses belajar salah satunya dengan cara menerapkan alat peraga pop-up book. Rumusan masalah adalah 1) Adakah Perbedaan Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Adakah Perbedaan Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experiment (eksperimen semu). Metode yang digunakan yaitu metode experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala motivasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan berjumlah 33 siswa, Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV A dan Kelas IV B yang berjumlah 30 siswa, Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh penggunaan alat peraga pop-up book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji Independent Sample T-Test dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,175 lebih besar dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada beda pengaruh kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penggunaan alat peraga pop-up book terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. (2) Adaperbedaan pengaruh penggunaan alat peraga pop-up book terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Independent Sampel T-tes nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,182 lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada beda pengaruh penggunaan alat peraga pop-up book terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di MI Tarbiyatus Sibyan Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183352 NUR HAYATI
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:42
Last Modified: 23 Feb 2023 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item