NINA IMROATUS SOLIKHAH, 17401163176 (2023) ANALISIS FAKTOR PENDIDIKAN, PROFESI DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG (Studi Kasus Masyarakat Desa Banaran Kecamatan Kauman Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Faktor Pendidikan, Profesi Dan Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung (Studi Kasus Masyarakat Desa Banaran Kecamatan Kauman Tulungagung)” ini ditulis oleh Nina Imroatus Solikhah, NIM 17401163176 Pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Minat seseorang dalam menabung atau berinvestasi akan muncul apabila individu tertarik karena sesuai dengan kebutuhan akan aktualisasi diri, kebutuhan estetis, kebutuhan kognitif, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan cinta dan rasa memiliki, kebutuhan akan keamanan dan kebutuhan fisiologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh factor pendidikan terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran? 2) Bagaimana pengaruh factor profesi terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran? 3) Bagaimana pengaruh factor pengetahuan tentang perbankan syariah terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran? 4) Bagaimana pengaruh factor pendidikan, profesi dan pengetahuan tentang perbankan syariah secara bersama-sama terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji pengaruh factor pendidikan terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran. 2) Untuk menguji pengaruh faktor profesi terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran Kecamatan. 3) Untuk menguji pengaruh factor pengetahuan tentang perbankan syariah terhadap minat menabung masyarakat di Desa Banaran. 4) Untuk menguji pengaruh faktor pendidikan, profesi dan pengetahuan tentang perbankan syariah secara bersama-sama terhadap minat menabung masyarakat di Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dihitung menggunakan rumus Slovin sebanyak 294 orang dan diambil dengan teknik simple random sampling yaitu pemilihan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Variabel independen pendidikan, profesi dan pengetahuan, variabel dependen minat menabung di perbankan syariah. Data diambil dengan kuesioner, kemudian dianalisis dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pendidikan berpengaruh positif secara parsial terhadap minat menabung masyarakat Desa Banaran. 2) Profesi berpengaruh positif secara parsial terhadap minat menabung masyarakat Desa Banaran. 3) Pengetahuan berpengaruh positif secara parsial terhadap minat menabung masyarakat Desa Banaran. 4) Pendidikan, Profesi dan Pengetahuan masyarakat tentang Perbankan Syariah berpengaruh positif secara simultan terhadap minat menabung masyarakat Desa Banaran. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pendidikan, profesi dan pengetahuan maka akan semakin tinggi pula minat masyarakat untuk menabung di Perbankan Syariah. Kata Kunci : Pendidikan, Profesi, Pengetahuan, Minat Menabung, Perbankan Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401163176 Nina Imroatus Solikhah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 03:02 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32991 |
Actions (login required)
View Item |