HIDAYATUL BADI', 12206183046 (2023) IMPLEMENTASI METODE TABARAK TAHFIDZ AL QUR’AN DI TK ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Hidayatul Badi’ 12206183046, 2022 “Implementasi Metode Tabarak Tahfidz Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmmatullah Tulungagung, Pembimbing. Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Tabarak, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana bahwa keberhasilan dalam mencetak para penghafal Al-Qur’an dari anak-anak usia dini tidak akan terlepas dari beberapa faktor yang salah satunya adalah metode. Adapun metode menghafal Al-Qur’an tentu akan terus meningkat dan berkembang dengan adanya perkembangan pengetahuan dari berbagai bidang, baik dalam bidang ilmu pendidikan, psikologi, masyarakat, dan teknologi. Sehingga muncul juga berbagai macam metode baru yang lebih efektif dan efisian untuk digunakan dalam menghafal Al-Qur’an. Terkait hal tersebut TK Islam Al Azhaar menggunakan sebuah metode yaitu metode tabarak guna untuk memudahkan anak dalam proses menghafal. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan metode tabarak dalam program tahfidz Al-Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode tabarak dalam program tahfidz Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi metode tabarak dalam program tahfidz Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung? Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. lokasi penelitian yaitu di TK Islam Al Azhaar Tulunngangung. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokummentasi. Pengecekan analisa data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan metode tabarak dalam program tahfidz Al-Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung adalah lembaga memilih menggunakan metode tabarak guna untuk memudahka pembelajaran menghafal AlQur’an anak usia dini. 2) Bagaimana pelaksanaan metode tabarak dalam program tahfidz Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung adalah pembelajaran metode tabarak menggunakan media audio visual murottal dari Syekh Kamil El-Labody yang dalam pelaksanaannya ada empat sesi: muroja’ah, menambah hafalan, setoran, dan mengenal hafalan materi selanjutnya. 3) Bagaimana evaluasi metode tabarak dalam program tahfidz Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar Tulungagung yaitu dengan adanya evaluasi untuk anak yang diadakan selama setengah level ketika anak ujian hafalan. Ada juga evaluasi guru yang diadakan setiap hari jum’at, jika memang hari jum’at tidak selesai maka akan di ganti di hari lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206183046 Hidayatul Badi' |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 07:36 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 07:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33056 |
Actions (login required)
View Item |