PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK SMA/MA

FAIRUZ HAMMAD ALBAHI, 12212183059 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar-Isi.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab-I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
Bab-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
Bab-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
Bab-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
Daftar-Pustaka.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Website sudah menjadi tempat dalam menerima atau menyampaikan informasi dengan mudah yang dibantu dengan jaringan internet saat ini. Dalam pendidikan, website digunakan sebagai tempat informasi yang berhubungan dengan sekolah dengan upaya meningkatkan kualitas sekolah dan sebagai sarana pendukung pembelajaran dalam dunia pendidikan. Perlunya bahan ajar berbasis website dapat memberikan materi pembelajaran yang menarik sesuai dengan mata pelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa serta guru dan siswa tidak hanya berfokus pada bahan ajar cetak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis website pada materi larutan penyangga untuk SMA/MA?; 2). Bagaimana tingkat validitas bahan ajar berbasis website pada materi larutan penyangga untuk SMA/MA?; dan 3). Bagaimana respon siswa terhadap bahan ajar berbasis website pada materi larutan penyangga untuk SMA/MA?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang mengasilkan sebuah produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Validasi produk bahan ajar berbasis website pada materi larutan penyangga dilakukan oleh dua validator ahli dan satu validator praktisi atau guru kimia. Subyek penelitian yang digunakan peneliti yaitu siswa kelas XII – MIPA SMAN 1 Ngunut yangberjumlah 23 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kuantitatif Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1). Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar berbasis website dengan materi larutan yang dikembangkan dengan model pengembangan berupa ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation); 2). Tingkat kevalidan produk yang diperoleh dari validator media memperoleh skor 81% dengan kategori “Valid”, skor dari ahli materi sebesar 87% dengan kategori “Valid”, dan skor dari validator praktisi sebesar 83% dengan kategori “Valid”; 3). Tingkat respon siswa pada uji keterbatasan pada bahan ajar berbasis website pada materi larutan penyangga mendapatkan skor 84% dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: PENGEMBANG 12212183059 FAIRUZ HAMMAD ALBAHI
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:39
Last Modified: 02 Mar 2023 05:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33058

Actions (login required)

View Item View Item