MANAJEMEN KURIKULUM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Multikasus di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek)

SASMITO PRIBADI, 12501185033 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Multikasus di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh sistem kredit semester di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa untuk memberikan layanan kepada siswa yang mempunyai kecepatan belajar tinggi. Adanya kebijakan kementerian pendidikan bahwa harus memperhatikan potensi dari tiap siswa, sekolah/madrasah yang sudah berakreditasi A berhak untuk menentukan penyelenggaraannya baik itu sistem paket maupun sistem kredit semester, serta memperhatikan kesiapan sekolah. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan, implementasi dan pengawasan Sistem kredit semester (SKS) dalam standar kompetensi lulusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? 2) Bagaimana perencanaan, implementasi dan pengawasan Sistem kredit semester (SKS) dalam standar isi meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? 3) Bagaimana perencanaan, implementasi dan pengawasan Sistem kredit semester (SKS) dalam standar proses meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? 4)Bagaimana perencanaan, implementasi dan pengawasan Sistem kredit semester (SKS) dalam standar penilaian meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dan MAN 1 Trenggalek? Disertasi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya mengekplorasi implementasi manajemen kurikulum melalui sistem kredit semester dalam meningkatkan mutu pendidikan. Adapun pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan standar kompetensi lulusan dilakukan dengan memenuhi kriteria kelulusan kriteria kelulusan mata pelajaran dan setiap semester dan satuan pendidikan dalam rapat dewan guru yang ditetapkan. Implementasi standar kompetensi lulusan dilakukan dengan kriteria kelulusan siswa sesuai ketentuan yang berlaku di madrasah. Pengawasan standar kompetensi lulusan lulusan dilakukan pada tiap akhir semester meliputi tingkat kehadiran siswa, pendidik, hingga hasil evaluasi. 2) Perencanaan standar isi dilaksanakan dengan membentuk tim pengembangan kurikulum (TPK), perumusan kerangka dasar kurikulum sekolah, penyusunan struktur kurikulum dan beban belajar penyelenggara SKS, Penyusunan/pengembangan silabus. Implementasi standar isi dilaksanakan oleh tim pengembang kurikulum menyusun dan merumuskan kurikulum sekolah, mengembangkan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) dan kegiatan ekstrakurikuler. Pengawasan standar isi meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan oleh sekolah dengan pengawas sekolah/madrasah yang diawali dari persiapan, pemetaan peserta didik, penentuan peminatan, penentuan rombongan belajar, kurikulum, jumlah beban belajar siswa dan kelulusan siswa. 3) Perencanaan standar proses dengan pembentukan tim penelaahan Silabus dan RPP Kelompok Mata Pelajaran, pembentukan tim pelaksana evaluasi, melakukan kajian internal dan eksternal situasi dan kondisi madrasah. Implementasi standar proses dijalankan dengan guru menyusun silabus, indikator ketercapaian, analisis SK, KI, dan KD, proses menganalisis SK, KI, dan KD, dibimbing oleh tim pengembang kurikulum sekolah dan inovasi pembelajaran secara daring dan pengawasan standar proses meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan oleh sekolah dengan pengawas sekolah/madrasah dan tim yang berkepentingan, 4) Perencanaan standar penilaian mencakup perencanaan penentuan KKM, peningkatan kompetensi guru tentang teknik penilaian dan pelaksanaan penilaian dari pendidik, satuan pendidikan, pemerintah dilakukan dengan maksimal. Implementasi implementasi standar penilaian mengacu pada standar penilaian kelulusan yaitu penilaian kelulusan mata pelajaran, penilaian kelulusan setiap semester, penilaian kelulusan dari satuan pendidikan dan pengawasan standar penilaian dilakukan pada tiap akhir semester meliputi tingkat kehadiran siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kegiatan ekstrakurikuler, hasil belajar siswa, hasil evaluasi dilaporkan kepada pihak yang berkepentingan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185033 SASMITO PRIBADI
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:07
Last Modified: 28 Feb 2023 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33066

Actions (login required)

View Item View Item