IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

LIEN IFFA NAFATU ROHMAH, 12201183360 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Lien Iffa Nafatu Rohmah, NIM. 12201163360, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi / Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa degradasi moral yang terjadi dewasa ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah globalisasi. Melihat fenomena tersebut maka perlu adanya penanganan melalui pendidikan karakter. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah yang mengharapkan peserta didik SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung untuk mengetahui, kemudian menanamkan, dan selanjutnya mengamalkan nilai-nilai dari pendidikan karakter dalam lingkup sekolah, masyarakat serta dunia kerja. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua macam sumber data yakni sumber data utama (primer), dan sumber data tambahan (sekunder). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, metode observasi partisipan, dan metode studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusing drawing/verification. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependality, dan confirmability. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMK Negeri 1 Boyolangu adalah sebagai berikut: (a) Pembiasaan melaksanakan aktivitas religius bersama seperti shalat dhuhur berjama’ah, kajian Islami, pengamalan Yasin dan Tahlil. (b) Adanya ekstrakulikuler keagamaan sperti rohis dan sholawat. (c) Pemberlakuan presensi sholah berjama’ah dengan dampak penilaian akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. (d) Hasil pendidikan karakter religius dalam kegiatan shalat dhuhur berjama’ah di masjid sekolah adalah adanya peningkatan dari peserta didik yang ditunjukkan dari sikapnya, tingkah lakunya, dan tutur ucapannya. (2) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Adanya program karakter building yakni sekolah bekerja sama dengan anggota brimob. (b) Ekstrakulikuler kepramukaan dan paskibraka menjadi salah satu kegiatan penerapan Pendidikan karakter disiplin peserta didik. (c) Pendisiplinan pengetatan tata tertib seperti perlengkapan atribut sekolah. Serta ketepatan saat masuk jam sekolah. (d) Adanya pemberian sanksi saat kelengkapan atribut sekolah dilanggar dapat meningkatkan karakter disiplin bagi peserta didik. (3) Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Ekstrakulikuler DLH (Duta Lingkungan Hidup) sebagai salah satu kegiatan penanaman nilai karakter tanggung jawab peserta didik terhadap lingkungan alam. (b) Agenda bulanan penanaman pohon di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. (c) Kegiatan perawatan fasilitas-fasilitas sekolah sebagai bentuk tanggung jawab seluruh warga sekolah. (d) Adanya pelanggaran seperti bolos dalam dispensasi saat pembelajaran kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183360 LIEN IFFA NAFATU ROHMAH
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:15
Last Modified: 06 Mar 2023 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33159

Actions (login required)

View Item View Item