KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Multikasus SMK Kesdam IV Diponegoro Magelang Jawa Tengah dan SMK Plus Al Maarif Singosari Malang Jawa Timur)

AMIK NADZIROH, 12601195014 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Multikasus SMK Kesdam IV Diponegoro Magelang Jawa Tengah dan SMK Plus Al Maarif Singosari Malang Jawa Timur). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Amik Nadziroh, NIM. 12601195014, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Religius di Lembaga Pendidikan (Studi Multikasus SMK Kesdam IV Diponegoro Magelang Jawa Tengah dan SMK Plus Al Maarif Singosari Malang Jawa Timur)”, Program Pascasarjana Doktoral, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag, dan Prof. Dr. Ngainun Na’im, M.H.I Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Budaya Religius Kepemimpinan kepala sekolah sebagai tenaga fungsional yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu lembaga pendidikan dan berada di garis terdepan sebagai pengkoordinasian budaya sekolah seperti; religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan gotong royong. Kepemimpinan merupakan kunci utama dalam penentu keberhasilan dan keberlangsungan suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini berupaya menganalisis dan menemukan: 1) Karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius di lembaga pendidikan, 2) Implementasi perwujudan budaya religius di lembaga pendidikan, 3) Impact kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus dengan tiga alur penelitian yakni; kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data selanjutnya adalah lintas kasus dengan membandingkan temuan-temuan yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius di lembaga penelitian yang menerapkan dua karakteristik kepemimpinan; pengaruh ideal dan motivasi inspirasional dari teori yang dikemukakan oleh Robbin dan Judge, (2) Implementasi perwujudan budaya religius dengan menerapkan penggunaan kekuasaan dan pembentukan opini melalui penerapan sekolah berasrama, pondok pesantren, dan kerjasama dengan instansi terkait, penerapan gaya militeris dan demokratis. Implementasi perwujudan pengaruh ideal adalah: wahana peribadatan, budaya S, shalat dhuha, shalat wajib, istiqhosah dan do’a bersama, shalat Jum’at, tolerasi umat beragama, do’a sebelum dan sesudah beraktifitas, dan kegiatan kepesantrenan. Implementasi perwujudan motivasi inspirasional: adanya pondok pesantren, kegiatan bela negara berbasis NU, pendidikan dasar tiga bulan, yasinan dan pengajian ilmiyah, buku Tata Tertib dan Tata Krama, SKU, PUDD, mata pelajaran khusus Aswaja dan Merawat Pasien Kritis hingga Meninggal , kegiatan hari Jum’at., (3) Impact kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius di lembaga pendidikan seperti: meningkatkan motivasi kinerja dan motivasi belajar. Meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian, memiliki rasa malu yang tinggi, meningkatkan ketertiban dan kerapian, meningkatkan kreatifitas siswa/siswi dan guru, meningkatkan tanggung jawab, meningkatkan religius, meningkatkan sopan santun dan tata krama, meningkatkan kejujuran, meningkatkan jiwa solidaritas, menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati, menumbuhkan sifat kedermawanan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan
Pendidikan Islam
Penelitian Dosen
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S3 12601195014 AMIK NADZIROH
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:55
Last Modified: 20 Mar 2023 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33170

Actions (login required)

View Item View Item