DEVITA DWI LISANDA, 12205183211 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MIN 5 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Devita Dwi Lisanda. 12205183211. Peran Orang Tua Dalam Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran, Pembelajaran, Keberhasilan Pendidikan memiliki peran dan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Orang tua yang berperan membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar, khususnya saat belajar di rumah. Sebagian besar mata pelajaran yang ada di madrasah memerlukan kemampuan baca Al-Qur’an dengan baik khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sekolah tingkat dasar MIN 5 Tulungagung merupakan salah satu MIN favorit namun belum ada penelitian mengenai peran orang tua dalam keberhasilan pembelajaran siswa. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti mengambil penelitian di MIN 5 Tulungagung sebagai objek penelitian khususnya orang tua yang memiliki tanggung jawab dan ikut andil dalam memberikan penjelasan ketika anak mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, mengatur jadwal membaca Al-Qur’an anak saat di rumah dan mengatasi masalah anak dalam membaca Al-Qur’an dengan berkomunikasi baik kepada anak. Di lain sisi dalam linkungan eksternal yakni madrasah diniyah/TPQ yang berada di masjid dari situlah serta merta orang tua juga wajib untuk mengikut sertakan anak-anaknya agar dalam teori membaca Al-Qur’an lebih maksimal dan juga lancar. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MIN 5 Tulungagung ?, (2) Bagaimana upaya yang dilakukan orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN 5 Tulungagung?, (3) Bagaimana Hambatan dan solusi yang dialami oleh orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MIN 5 Tulungagung?. Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan hambatan dan solusi yang dialami oleh orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengguanakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, partisipan, dan dokumentasiyang menekankan pada quality atau hal terpenting suatu barang atau jasa. Hal terpenting suatu barang atau jasa yang berupa kejadian, fenomena, dan gejala sosial adalah makna dibalik kejadian tersebut yang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi pengembangan konsep teori. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Kondisi Pembelajaran Al–Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung terlihat baik. Misalnya ada siswa yang tertinggal pelajaran maka disediakan kelas tambahan guna untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran, pembelajaran kondusif namun masih ada beberapa yang kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, dalam hal in dengan penerapan dari kebijakan kepala sekolah dan juga peran dari guru. (2) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung adalah dengan mengarahkan anak untuk senantiasa belajar membaca dan menulis Al–Qur’an, orang tua selalu mengingatkan anak untuk membiasakan diri untuk membaca al-qur’an dengan kebiasaan tersebut anak lama - kelamaan menjadi terbiasa dan mahir akhirnya kemamouan baca tulis al-qur’an peserta didik dapat menjadi baik. (3) Hambatan dan solusi yang dialami oleh orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 5 Tulungagung adalah minat dari anak yang sering naik dan turun, berusaha mencari cara dan mengemas yang lebih kreatif dan inovatif agar anak dapat semangat belajar dan lebih aktif lagi ketika belajar dirumah dengan orang tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183211 Devita Dwi Lisanda |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 03:30 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33197 |
Available Versions of this Item
-
PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MIN 5 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited UNSPECIFIED)
- PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MIN 5 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (deposited 08 Mar 2023 03:30) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |