TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PANJAR DAN DENDA SEBAGAI SYARAT PEMBATALAN SEWA (Studi Kasus Di Global Futsal Tulungagung)

ANDRY SETIAWAN, 171011630109 (2023) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PANJAR DAN DENDA SEBAGAI SYARAT PEMBATALAN SEWA (Studi Kasus Di Global Futsal Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andri Setiawan, NIM 171011630109, “Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Panjar Dan Denda Sebagai Syarat Pembatalan Sewa (Studi Kasus Di Global Futsal Tulungagung)”, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Abd. Khoir Wattimena, M.H. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Panjar, Denda, Pembatalan Sewa Penelitain ini di latarbelakangi adanya praktik sewa menyewa fasilitas lapangan futsal di Global Tulungagung yang di ikuti dengan panjar. Pemberian panjar dan pembatalan sewa yang dikenakan denda 50% tidak sesuai akad sewa menyewa karena mengandung unsur ketidakpastian terhadap objek yang disewa serta merusak akad sewa menyewa yang telah disepakati. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemberlakuan panjar dan denda sebagai syarat pembatalan sewa di Global Futsal, 2) Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap panjar dan denda sebagai syarat pembatalan sewa di Global Futsal Tulungagung. Metode peneltian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peneltian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), adn penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem sewa lapangan futsal diawali dengan penentuan waktu, hari dan sesi peminjaman, karyawan akan mencek jadwal sewa untuk selanjutnya disampaikan kepada penyewa mengenai waktu dan hari lapangan tersebut dapat digunakan, Global futsal Tulungagung menetapkan panjar atau uang muka kepada penyewa untuk mengikat dan menghindari kerugian atas gagalnya transaksi sewa menyewa sebesar 50% dari upah sewa, pemberlakukan denda dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang diperoleh atas pembatalan akad sewa. 2)rukun dan syarat sewa menyewa lapangan futsal di Global Futsal Tulungagung telah sesuai rukun dan syarat fiqh muamlah, panjar dan denda yang dikenakan oleh penyewa telah disepakati dan diketahui pihak penyewa, pelaksanaan fiqh muamalah selama tidak menimbulkan mudharat antara pemilik dan penyewa serta tida menyimpang hukum serta aturan syaraiat Islam maka dibolehkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 171011630109 ANDRY SETIAWAN
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:41
Last Modified: 08 Mar 2023 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33243

Actions (login required)

View Item View Item