PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEHAT DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

LUSI WAHYU LISDIANI, 12205183324 (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEHAT DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER1.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI NEW.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Sehat di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Lusi Wahyu Lisdiani. NIM 12205183324. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Karakter, Peduli Lingkungan Penelitian ini dilatar belakangi adanya sebuah fenomena pada zaman yang semakin modern, dimana manusia dituntut untuk berkembang dan lebih maju bahkan sampai terlepas kendali. Hingga menyebabkan banyak kerusakan lingkungan hidup di bumi yang disebabkan oleh perilaku manusia yang cenderung tidak peduli terhadap lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru kelas dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan sehat di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru kelas sebagai pendidik dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru kelas sebagi model dan teladan dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru kelas sebagai evaluator dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data melalui tiga tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) Peran guru kelas dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek dibuktikan dengan siswa telah melaksanakan dan mengikuti kegiatan sebagai berikut: a) Perilaku membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan dengan baik. b) Kegiatan budaya peduli lingkungan di madrasah seperti kegiatan harian berupa piket kelas, kegiatan mingguan berupa sabtu bersih dan kegiatan tahunan berupa lomba kelas bersih maupun peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. c) Bertanggung jawab tidak merusak tanaman yang ada disekitar lingkungan madrasah. (2) Peran guru kelas sebagi model dan teladan dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek diantarnya dengan program tiket sampah dan sabtu bersih. Selain itu juga melalui beberapa kegiatan seperti mengajar, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode reward dan punishment, peraturan skala kelas, dan budaya sekolah. (3) Peran guru kelas sebagai evaluator dalam membentuk karakter peduli lingkungan sehat siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Evaluator disini dapat diartikan sebagai faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan karater peduli lingkungan sehat siswa. Dimana terdapat beberapa faktor pendukungnya yaitu peran ikut serta kepala sekolah, guru, karyawan dan seluruh warga sekolah. Adapun faktor penghambat guru kelas dalam meningkatkan karakater peduli lingkungan sehat siswa yaitu adanya perbedaan masing-masing karater siswa dan pengaruh dari lingkungan luar madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: LUSI 12205183324 LUSI WAHYU LISDIANI
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:41
Last Modified: 14 Mar 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item