Ummu Sholihah, 198008222008012018 and DINDA PUTRI BERLIANA, 12204183161 (2022) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 243-254. ISSN 2798-2920
|
Text
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar, terutama pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self-efficacy pada tingkat rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended materi Himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian 3 siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan self-efficacy rendah dalam menyelesaikan masalah open-ended belum mampu memenuhi indikator komunikasi matematis, siswa dengan self-efficacy sedang dalam menyelesaikan masalah open-ended mampu memenuhi beberapa indikator komunikasi matematis, siswa dengan self-efficacy tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-Efficacy; Open-Ended.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:18 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33289 |
Actions (login required)
View Item |