Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy

Ummu Sholihah, 198008222008012018 and DINDA PUTRI BERLIANA, 12204183161 (2022) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 243-254. ISSN 2798-2920

[img]
Preview
Text
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_...

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar, terutama pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self-efficacy pada tingkat rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended materi Himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian 3 siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan self-efficacy rendah dalam menyelesaikan masalah open-ended belum mampu memenuhi indikator komunikasi matematis, siswa dengan self-efficacy sedang dalam menyelesaikan masalah open-ended mampu memenuhi beberapa indikator komunikasi matematis, siswa dengan self-efficacy tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis; Self-Efficacy; Open-Ended.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:18
Last Modified: 16 Mar 2023 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33289

Actions (login required)

View Item View Item