METODE GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Ketanon Tulungagung)

DAULIKA FAJARWATI NUR AIDA, 17505164014 (2023) METODE GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Ketanon Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aida, Daulika Fajarwati Nur, 2018. Metode Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Ragam Krama Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Ketanon Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd dan (2) Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci: Metode Guru, Keterampilan Berbicara, Ragam Krama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa. Perlu kita ketahui penggunan bahasa Jawa ragam krama di kalangan pelajar saat ini banyak yang kurang memperhatikan mengenai unggah-ungguh. Mereka berbicara dengan rekan seusianya maupun kepada guru yang lebih tua umurnya tidak membedakan, yaitu dengan menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko. Hal ini dikarenakan kurang adanya kesadaran dari peserta didik bahwa betapa pentingnya bahasa Jawa ragam krama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu untuk tercapainya tujuan agar peserta didik dapat dengan mudah menguasai tutur bahasa Jawa dalam kehidupan sehari hari, maka perlu adanya metode khusus untuk meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa, sehingga keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa dapat meningkat. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam Krama pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Tanon Tulungagung?; (2) Bagaimana Implementasi metode yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam Krama pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV di Tanon dan SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung dan SDI Al-Badar Tanon?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam Krama pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Tanon Tulungagung? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Lokasi penelitian di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon dan SDI Al-Badar Ketanon Tulungagung. Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data situs tunggal dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta analisis data lintas situs. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang kehadiran dan tringulasi. Hasil penelitian situs I di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Tulungagung adalah (1) perencanaan metode guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa yaitu setiap awal tahun ajaran baru, guru menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP, melalui raker yang telah diselenggarakan oleh pihak sekolah (2) Implementasi metode guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa adalah metode ceramah, metode bermain peran (role playing), dan metode Tanya jawab. (3) evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa dilakukan melalui (a) penilaian observasi (b) dan tes tulis Hasil penelitian situs II di SDI Al-Badar Ketanon Tulungagung adalah (1) perencanaan metode guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa disusun oleh masing-masing guru yang bersangkutan dari persetujuan pihak kepala sekolah. Dalam membuat perencanaan pembelajaran harus berpedoman pada silabus yang telah ditetapkan. (2) Implementasi metode guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa adalah metode ceramah, metode bercerita, dan metode drill. (3) evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara ragam krama pada mata pelajaran bahasa Jawa dilakukan melalui (a) penilaian observasi (b) tes lisan (c) dan melalui tes tulis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 17505164014 DAULIKA FAJARWATI NUR AIDA
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:41
Last Modified: 15 Mar 2023 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item