PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN WHATSAPP GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALI MURTADHO, 12204173015 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN WHATSAPP GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbantuan Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Statistika Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Ali Murtadho, NIM. 12204173015, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Whatsapp Group, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia khususnya pada sektor pendidikan yang mengakibatkan sistem pembelajaran secara langsung menjadi pembelajaran yang dilakukan secara daring. Hal ini membuat para guru melakukan berbagai inovasi untuk membuat media pembelajaran yang efektif dapat membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran selama pandemi. Penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai dapat mengakibatkan rendahnyanya hasil belajar siswa khususnya di bidang matematika pada era pandemi Covid-19. Penggunaan media video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group dirasa cukup efektif dilakukan dalam proses pembelajaran di masa pandemic covid-19. Hal ini disebabkan karena penggunaan video pembelajaran sangat membantu dalam penyampaian materi yang lebih kreatif, efektif, dan lebih jelas khususnya pada mata pelajaran matematika. Dengan bantuan fitur-fitur yang dimiliki Whatsapp Group siswa dapat berinteraksi dengan mudah dan cepat. Sehingga penggunaan media video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group terhadap hasil belajar matematika siswa materi statistika kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dan seberapa besar pengaruh yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol, dengan menggunakan teknik purposive random sampling sebagai pengambilan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media berupa video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dan kelas G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam peneilitian ini menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel bebas (Independent) dengan bantuan SPSS 24.0 dan besar pengaruh perlakuan (effect size). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil uji t dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar , artinya hasil ini tidak memenuhi kriteria H 0 (H 0 ditolak). (2) Besar pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbantuan Whatsapp Group terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yakni sebesar yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173015 ALI MURTADHO
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:03
Last Modified: 17 Mar 2023 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33336

Actions (login required)

View Item View Item