LISTIYANI SANDRA ADELIA, 12205183297 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN IBADAH DI SDI AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Kegiatan Ibadah di SDI Al-Munawar Tulungagung” ini ditulis oleh Listiyani Sandra Adelia, NIM 12205183297, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Strategi, Pembentukan Karakter, Kegiatan Ibadah Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru dalam membentuk karakter siswa agar memiliki nilai-nilai karakter religius. Karakter religius siswa terbentuk melalui pembiasaan kegiatan ibadah di sekolah, kebiasaan tersebut dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi sebuah rutinitas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan ibadah shalat berjama‟ah di SDI Al-Munawwar Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan ibadah dzikir/ do‟a bersama di awal dan akhir kegiatan di SDI Al-Munawwar Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan ibadah membaca Al-Qur‟an di SDI Al-Munawwar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data premier dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data. Hasil penelitiannya : 1) strategi guru dalam membentuk karakter religius yaitu melalui pembiasaan shalat dzuhur berjama‟ah sehingga menjadikan siswa untuk terlatih disiplin dan taat dalam beribadah. 2) strategi yang dilakukan yaitu melalui pembiasaan dzikir dan do‟a bersama baik sebelum memulai pembelajaran, akhir pembelajaran, dan setelah shalat. Dengan pembiasaan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan jiwa spiritual pada siswa, dan terbentuk karakter yang baik pada siswa. 3) Strategi yang dilakukan yaitu dengan pembiasaan membaca Al- Qur‟an setiap hari yang di pantau oleh guru yang bertugas. Hasil dari pembiasaan membaca Al-Qur‟an yaitu terbentuknya moral yang baik pada siswa, bacaan siswa semakin bagus sesuai tajwid, dan taat pada ajaran agama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183297 LISTIYANI SANDRA ADELIA |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:59 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33349 |
Actions (login required)
View Item |