PUTRI ANGGRAENI, 12206183024 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGHAFAL SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS A3 USIA 4-5 TAHUN DI TK AL - ARIFIYAH CARUBAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (717kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menghafal Surat Pendek pada Siswa Kelas A3 Usia 4-5 Tahun di TK Al - Arifiyah Caruban” ini ditulis oleh Putri Anggraeni, NIM. 12206183024, dengan pembimbing Dr. Phil. Syaifudin Zuhri, M.A. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Menghafal Surat Pendek, Anak Usia Dini. Konteks pada penelitian ini didasari oleh karena modernisasi kehidupan yang membuat kajian-kajian Al-Qur’an semakin dikesampingkan. Sehingga beberapa orang pada masa kini kesulitan dalam membaca serta menghafalkan ayat- ayat Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti menjabarkan tentang metode pembiasaan dalam menghafalkan surat-surat pendek sejak usia dini dengan membiasakan anak melafalkan ayat Al-Qur’an setiap hari. Permasalahan yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan dalam menghafal surat pendek pada siswa kelas A3 usia 4-5 tahun di TK Al – Arifiyah Caruban? Apa saja kendala yang terjadi? Bagaimana tindakan yang diambil pendidik untuk mengatasi kendala- kendala yang terjadi?. Tujuan yang ingin peneliti tuju adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan dalam menghafal surat pendek pada siswa kelas A3 usia 4-5 tahun di TK Al – Arifiyah Caruban, mengetahui apa saja kendala yang dialami pendidik, dan mengetahui bagimana tindakan yang diambil oleh guru untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang kemudian dideskripsikan fakta dan realita tentang metode pembiasaan dalam menghafalkan surat pendek sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru, observasi lingkungan sekolah, dokumentasi, jurnal, buku, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pelaksanaan metode pembiasaan dalam menghafal surat pendek pada anak usia dini memiliki hasil yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan pendidik. Meskipun banyak kendala yang dialami, namun pendidik di TK Al – Arifiyah mampu mengatasi kendala-kendala yang dialami tersebut sebaik mungkin. Dengan demikian, metode pembiasaan yang diterapkan di TK Al – Arifiyah untuk menghafalkan surat pendek telah berjalan dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183024 PUTRI ANGGRAENI |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33351 |
Actions (login required)
View Item |