MANAJEMEN CORE CURRICULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Multisitus di MTsN 2 dan MTsN 3 Jombang)

MOH. AMAK BURHANUDIN, 12501175015 (2022) MANAJEMEN CORE CURRICULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Multisitus di MTsN 2 dan MTsN 3 Jombang). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul "Manajemen Core Curriculum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah (Studi Multisitus di MTsN 2 dan MTsN 3 Jombang)" ini ditulis oleh Moh. Amak Burhanudin dengan Promotor I Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, Promotor II Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata kunci: Core Curriculum, Kurikulum Pesantren, Manajemen Madrasah Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berorientasi kepada pembelajaran Islam dan ilmu pengetahuan umum secara terpadu. Kurikulum madrasah dirancang agar peserta didik dapat mempelajari ilmu agama Islam secara mendalam sekaligus ilmu pengetahuan umum sebagaimana sekolah pada umumnya. Pada madrasah yang berbasis pesantren, kurikulum madrasah diintegrasikan dengan kurikulum pesantren dengan pendalaman ilmu agama Islam secara lebih komprehensif. Kurikulum pesantren yang telah diintegrasikan memberi konten pendidikan agama, pengalaman pendidikan moral, sekolah dan pendidikan umum, serta keterampilan yang perlu dikelola dengan manajemen integratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan serta pelaksanaan core curriculum madrasah berbasis pesantren serta mengidentifikasi bentuk-bentuk penilaian core curriculum madrasah berbasis pesantren. Penelitian dalam disertasi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi multi situs, yaitu penelitian yang difokuskan untuk menjelaskan atau mengungkap perbedaan dari situs yang berbeda dan terjadi pada kancah penelitian yang berbeda. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang manajemen core curriculum di madrasah berbasis pesantren, yaitu MTsN 2 dan MTsN 3 Jombang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan (1) wawancara mendalam (in depth interview); (2) observasi partisipan (participant observation); dan (3) studi dokumentasi (study documents). Teknik analisa data dalam studi multi situs dilakukan dua tahap, yaitu: (1) analisis data situs individu (individual cases); dan (2) analisis data lintas situs (cross cases analysis). Temuan penelitian menjelaskan (1) core curriculum madrasah berbasis pesantren dirumuskan dan dikembangkan dengan berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepetingan peserta didik dan lingkungannya, (2) pelaksanaan core curriculum dengan memberikan penguatan keagamaan di kurikulum umum melalui penambahan muatan kurikulum kepesantrenan, (3) evaluasi core curriculum menjadikan penilaian capaian belajar peserta didik sebagai tolok ukur dalam mengevaluasimanajemen kurikulum secara berkelanjutan untuk untuk menjamin tercapainya mutu pendidikan dan kualitas lulusan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501175015 MOH. AMAK BURHANUDIN
Date Deposited: 18 Mar 2023 05:14
Last Modified: 18 Mar 2023 05:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33371

Actions (login required)

View Item View Item