PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP KYAI MOJO TEMBELANG JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022

AHMAD ALFIAN MAJID, 17204153207 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP KYAI MOJO TEMBELANG JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ahmad Alfian Majid, NIM. 17204153207, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Dr. Muniri M.Pd. Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Latar belakang dari terlaksananya penelitian ini adalah para siswa kurang aktif Ketika pembelajaran Ilmu Matematika. Hal ini disebabkan karena para pengajar masih menggunakan metode konvensional Ketika pembelajaran berlangsung, dan tentunya akan membuat semangat belajar para siswa berkurang. Peneliti menggunakan model Blended Learning yang berbantu media online. Media online dipilih dikarenakan dapat mendukung siswa lebih dapat memiliki pandangan yang lebih luas lagi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang tahun ajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode pengambilan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang. Dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Blended learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang pada materi bangun ruang sisi datar yang ditunjukkan nilai rata-rata 68,0 kepada kelas kontrol dan 85,7 kepada kelas eksperimen. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Kyai Mojo Tembelang Jombang pada materi bangun ruang sisi datar yang ditunjukkan dengan nilai Sig.0,094 di kelas kontrol dan sig.0,568 di kelas eksperimen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204153207 AHMAD ALFIAN MAJID
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:14
Last Modified: 05 Oct 2023 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33412

Actions (login required)

View Item View Item