STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-ASROR WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMAD FACHRUDIN, 17201163091 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN BUDAYA RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-ASROR WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Budaya Religius pada Peserta Didik di SMPIT Al-Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Fachrudin, NIM. 17201163091. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., NIP. 19671029 199403 1 004 Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Budaya Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kurangnya budaya religius yang ada dalam diri siswa. Budaya religius dalam hal ini meliputi budaya shalat berjama’ah, budaya membaca al-Qur’an, dan budaya bergaya Islami. Dengan melihat kenyataan yang ada pada siswa di SMPIT Al-Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung yang masih kurang baik. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya shalat berjama’ah pada peserta didik di SMPIT Al-Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya membaca al-Qur’an pada peserta didik di SMPIT Al -Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung?, dan (3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya bergaya Islami pada peserta didik di SMPIT Al-Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya shalat berjama’ah pada peserta didik di SMPIT Al-Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya membaca alQur’an pada peserta didik di SMPIT Al -Asror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung, dan (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya bergaya Islami pada peserta didik di SMPIT AlAsror Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : Dari Subyek Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Hasil Penelitian : (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya shalat berjama’ah kepada siswa yaitu mengadakan pembiasaan shalat dhuhur dan shalat Jumat berjama’ah pembiasaan khataman al -Qur’an. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya membaca al-Qur’an siswa yaitu dengan cara pembiasaan khataman al-Qur’an pada setiap bulan (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya bergaya Islami kepada peserta didik yaitu dengan cara memberi contoh tauladan sikap dan berpakaian yang baik kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163091 Muhamad Fachrudin
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:29
Last Modified: 28 Mar 2023 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33429

Actions (login required)

View Item View Item