KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK SORE TULUNGAGUNG

CHOIRUN NIKMAH, 12204183202 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Hasil Belajar Kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung” ini ditulis oleh Choirun Nikmah, NIM. 12204183202, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat, Hasil Belajar Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pemecahan masalah, karena kemampuan yang dimikili oleh siswa berbeda-beda, khususnya pada kemampuan penalaran dalam pemecahan masalah. Kemampuan penalaran itu sendiri merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dimana siswa memenuhi lima indikator kemampuan penalaran, yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, menyusun bukti dan memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dan pernyataan, dan memeriksa kesahihan suatu argument. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika materi persamaan kuadrat ditinjau dari hasil belajar kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung yang terdiri dari 36 siswa dan diambil 3 siswa yaitu siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar tinggi dalam pemecahan masalah dapat memenuhi semua indikator, siswa berkemampuan sedang dapat memenuhi 3 indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, dan memeriksa kesahihan suatu argument, dan siswa berkemampuan rendah dapat memenuhi 1 indikator mengajukan dugaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183202 Choirun Nikmah
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:59
Last Modified: 28 Mar 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33434

Actions (login required)

View Item View Item