CHOIRUN NIKMAH, 12204183202 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Hasil Belajar Kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung” ini ditulis oleh Choirun Nikmah, NIM. 12204183202, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat, Hasil Belajar Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pemecahan masalah, karena kemampuan yang dimikili oleh siswa berbeda-beda, khususnya pada kemampuan penalaran dalam pemecahan masalah. Kemampuan penalaran itu sendiri merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dimana siswa memenuhi lima indikator kemampuan penalaran, yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, menyusun bukti dan memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dan pernyataan, dan memeriksa kesahihan suatu argument. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika materi persamaan kuadrat ditinjau dari hasil belajar kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK SORE Tulungagung yang terdiri dari 36 siswa dan diambil 3 siswa yaitu siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar tinggi dalam pemecahan masalah dapat memenuhi semua indikator, siswa berkemampuan sedang dapat memenuhi 3 indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, dan memeriksa kesahihan suatu argument, dan siswa berkemampuan rendah dapat memenuhi 1 indikator mengajukan dugaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183202 Choirun Nikmah |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 01:59 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 01:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33434 |
Actions (login required)
View Item |