MUHAMAD YUSUF ARDIANSYAH, 12401183203 (2023) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA ANTARA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG DAN BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Perbandingan Tingkat Kualitas Pelayanan terhadap Anggota antara BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Yusuf Ardiansyah, NIM. 12401183203, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ali Mauludi AC, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan keuangan syariah di Indonesia, seperti Koperasi Syariah BMT (Baitul Maal Wat Tamwil). BMT adalah lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil. Saat ini lembaga keuangan syariah sudah mulai tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, salah satunya di Tulungagung. BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung merupakan BMT yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung yang memiliki jumlah anggota yang relatif besar. BMT Pahlawan Tulungagung memiliki jumlah anggota sebanyak 14.135 anggota per tahun 2021, sedangkan untuk BMT Istiqomah memiliki anggota sebanyak 5.726 anggota per tahun 2021. Dengan jumlah anggota yang cukup besar tersebut peneliti tertarik untuk mebahas apa yang menjadi daya tarik dari kedua BMT tersebut. Kualitas pelayanan juga menjadi salah satu hal yang dapat membentuk opini mengenai kepuasan konsumen. Hal ini akhirnya menjadi salah satu cara marketing dari beberapa lembaga yang mengutamakan kualitas pelayanan, termasuk BMT. Selain memberikan pelayanan terkait simpan pinjam keuangan, BMT juga bertugas membantu pelayanan anggota, serta berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada anggotanya. Karena penyimpangan kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan anggota membentuk opini tentang lembaga keuangan syariah sehingga nantinya mempengaruhi minat keputusan pemilihan Baitul Maal Wat Tamwil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah anggota di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung. Sampel yang digunakan merupakan nasabah anggota kedua BMT dengan masing-masing berjumlah 100 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Pengelohan data yang digunakan yaitu SPSS 25. Pada penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, analisis komperatif dan analisis uji perbedaan dengan menguji Uji-F dan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty menunjukkan adanya penilaian positif yang diberikan oleh nasabah sehingga memiliki kontribusi dalam menumbuh kembangkan lembaga Baitul Maal wa Tamwil yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Nasabah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401183203 MUHAMAD YUSUF ARDIANSYAH |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:03 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33435 |
Actions (login required)
View Item |