STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (Studi Multi Kasus di MI. Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI. Ngadirejo Pogalan dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek)

nur kholis hudin, 17555144023 (2016) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (Studi Multi Kasus di MI. Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI. Ngadirejo Pogalan dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover TESIS Pak kholis.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Pak kholis.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Pak kholis.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB III Pak kholis.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV Pak kholis.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Pak Kholis.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Pak Kholis.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan Pak kholis.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
summary.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hudin, Nur Kholis. 2016. “Strategi Guru Kelas Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Tingkat Pendidikan Dasar (Studi Multi Kasus di MI. Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI. Ngadirejo Pogalan dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek)”. Tesis, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: (I) Dr. Muniri, M.Pd. (II) Dr. H. Munardji, M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru Kelas, Pendidikan Karakter, Siswa Tingkat Pendidikan Dasar. Bangsa Indonesia sebagai bagian dari dunia, apabila dikategorikan melalui karakteristik dan tatanan kehidupan masyarakatnya dikenal sebagai bangsa yang memangku budaya ketimuran. Namun demikian, saat ini sangat terasa bila bangsa ini tengah menghadapi degradasi karakter bangsa, bahkan ada sebagian orang mengatakan bahwa kita telah kehilangan karakter. Hal tersebut diindikasikan antara lain timbulnya berbagai penyimpangan seperti merebaknya korupsi yang melibatkan berbagai orang dan lembaga, serta gaya hidup generasi muda sekarang yang lebih condong kepada budaya barat dibandingkan budaya ketimuran. Pertanyaan dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan di MI Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (2) Bagimana strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter jujur di MI Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? (3) Bagaimana strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter religius di MI Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan di MI Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (2) Untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter jujur di MI Himmatul Ulum Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. (3) Untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter religius di MI Nglayur Sukorejo Gandusari, MI Ngadirejo Pogalan Trenggalek dan SDI Terpadu Nuurul Fikri Gandusari Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk multi situs. Rancangan studi multi-kasus adalah suatu rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan beberapa kasus, tempat dan subjek penelitian. Subjek-subjek penelitian tersebut diasumsikan memiliki karakteristik yang berbeda. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa tingkat sekolah dasar perlu melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan yang menghasilkan indikator pendidikan karakter, proses penanaman indikator pendidikan karakter dan evaluasi indikator penanaman pendidikan karakter pada siswa tingkat sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter siswa di tingkat sekolah dasar adalah dengan melakukan beberapa program yang dianggap penting yaitu : menanamkan pendidikan karakter religius, kejujuran dan kedisiplinan yang terdiri dari beberapa indikator : beribadah, kerapian, kebersihan, tepat waktu, tanggung jawab dan lapang dada melalui proses perencanaan, penanaman karakter dan evaluasi. Dengan demikian, strategi guru kelas dalam menanamkan karakter pendidikan pada siswa tingkat sekolah dasar perlu di lakukan dengan baik. Sehingga guru perlu melakukan perencanaan yang mengerucut pada pembentukan indikator pendidikan karakter, setelah itu guru melakukan pelaksanaan indikator penanaman karakter dan mengevaluasi setiap indikator pendidikan karakter sehingga karakter yang diharapkan dapat benar-benar tertanam dan menjadi pribadi didalam diri siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: nurkholis
Date Deposited: 21 Dec 2016 03:01
Last Modified: 21 Dec 2016 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item