ALFIAH ERI VIVIANINGRUM, 12205173042 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI SD ISLAM BABADAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (883kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di SD Islam Babadan” ini ditulis oleh Alfiah Eri Vivianingrum, NIM. 12205173042. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan yang sekarang sedang dialami oleh bangsa Indonesia. Pendidikan di masa pandemi sangat sulit. Sistem pembelajarannya juga harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi sekarang, sehingga implementasi pembelelajaran sangatlah penting. Apalagi menjadi seorang guru haruslah selangkah lebih maju untuk memberikan ilmu kepada semua anak didiknya, agar pendidikan mereka tetap berjalan maksimal. Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan maka diadakan penelitian ini. Fokus penelitian yang dilakukan peneliti yaitu Implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan. Adapun pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan?,(2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan?,(3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru kelas di SD Islam Babadan. Objek penelitian ini adalah Implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan. Teknik pengumpulan data ada wawancara, observasi, dokumentasi, gabungan/ triangulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data. diikuti dengan pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi, dan menyajikan; yang selanjutnya analisis interaktif. Di dalam penelitian ini pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi, pengecekan anggota,dan diskusi teman sejawat. Dalam penelitian ini, penelititi melalui tahapan-tahapan tahapan pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahapan alisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan cara penyampaian materi dalam pembelajaran daring memanfaatkan media yang ada seperti zoom, whatsapp, youtube, dll. Strategi yang digunakan guru masih mengalir mengikuti arus, karena guru masih proses penyesuaian.Media yang digunakan berupa hp, laptop, zoom, whatsapp, youtube, dan aplikasi yang lain. Evaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi di SD Islam Babadan implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi masih kurang efektif karena guru masih kebingungan dengan metode ini. Evaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi dilakukan melalui media aplikasi online, jika diperlukan datang langsung ke sekolah untuk mengumpulkan tugas yang sudah diberikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173042 ALFIAH ERI VIVIANINGRUM |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:37 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33447 |
Actions (login required)
View Item |