MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates)

RIA FITRIA ROHMAH, 12501194022 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan (studi muliti kasus di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates)” ini di tulis oleh Ria Fitria Romah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, NIM: 12501194022 Tahun 2021 yang di bimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. dan Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidkan Penelitian ini dilatar belakangi karena Pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia. Dan Sarana dan prasarana pendidikan pada suatu lembaga pendidikan berpengaruh terhadap mutu pendidikan Namun, disisi lain, banyak sekolah yang mengalami kekurangan sarana dan prasarana ataupun sarana dan prasarana yang dalam keadaan kurang baik. Dalam hal ini perlu adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik untuk mengatasi kekurangan sarana dan prasarana yang ada demi tercapainya peningkatan mutu pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates? (2) Bagaiman pengadaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates? (3) Bagaimana pengaturan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates? (4) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Tulungagung dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan analisi lintas situs, temuan awal penelitian, proposes dan temua akhir penelitian. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : (1) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan secara berkala setiap satu tahun sekali pada awal tahun ajaran baru. Perencanaan di MIN 1 Tulungagung dilakukan secara koordinatif dengan dinas, sedangkan perencanaan MI Hidayatul Mubtadiin Wates merupakan otonomi kepala sekolah. Yang diawali dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana, menampung semua usulan setiap unit kerja, menginventarisis kekurangan, analisi barang habis pakai dan analisis barang tidak habis pakai. Dan melibatkan berbagai unsur. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan memalui hibah, pembuatan, peminjaman. Dengan menggunakan sumber anggaran dari dinas untuk MIN 1 Tulung agung sedangkan sumber dana berasal dari pihak luar yaitu komite dan masyarakat untuk MI Hidayatul Mubtadiin Wates. Pengadaan sarana dan prasarana di MI Hidayatul Mubtadiin Wates merupakan Otonomi sekolah, sedangkan pengadaan sarana dan prasarana dilakukan secara dropping dari pemerintah untuk MIN 1 Tulungagung. Dengan menunjuk penanggung jawab .(3) Pengaturan sarana dan prasarana dimulai dengan inventarisasi dengan pencatatandan pemberian kode barang, pencatatatan dilakukan dibuku induk dilakukan oleh MI Hidayatul Mubtadiin Wates, sedangkan pencatatan berupa mengisi data pada link kemenag dilakukan oleh MIN 1 Tulungagung. penyimpanan dilemari khusus atau Gudang, dan pemeliharaan yang menggunakan gudang, pengecekan berkala, perbaikan berdasarkan kondisi bangunan dan piket setiap hari. Pengaturan penggunaan dengan pembuatan jadwal untuk MIN 1 Tulungagung sedangkan pengkondisiaan penggunaan sarana dan prasaran disesuaikan dengan keadaan sekolah dan siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates (4) Pengawasan sarana dan prasarana meliputi pengawasan dari dalam dan pengawasan dari luar. Pengawasan dari dalam dilakukan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sedangkan pengawasan dari luar dilakukan secara koordinatif oleh dinas dan KEMENAG untuk MIN 1 Tulungagung dan pengawasan oleh pengurus Yayasan untuk MI Hidayatul Mubtadiin Wates. Pelaporan pengawasan dilakukan secara berkala baru satu tahun sekali,

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194022 RIA FITRIA ROHMAH
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:10
Last Modified: 28 Mar 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item