NANDA NUFAJARITA KHUMAIROH, 12211183019 (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS VIDEO TUTORIAL MELALUI WHATSAPP GROUP PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMAN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (11MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul "Efektivitas Pembelajaran Virtual Berbasis Video Tutorial Melalui WhatsApp Group Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 1 Srengat" ditulis oleh Nanda Nufajarita Khumairoh, NIM 12211183019, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2022, Pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Virtual, Video Tutorial, WhatsApp Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya suatu pembelajaran yang harus tetap dilaksankaan ditengah-tengah keadaan pandemi Covid-19. Terbatasnya ruang gerak setiap orang secara langsung berdampak pada pelaksanaan proses pendidikan khususnya di SMAN 1 Srengat. Pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 guru menerapkan pembelajaran yang dilaksanakan secara virtual berbasis video tutorial guna tetap berlangsungnya proses pembelajaran secara efektif. Pelaksanaan pembelajaran virtual dilakukan dengan memberikan video tutorial kepada siswa melalui fitur grup pada WhatsApp. Fokus penelitian ini adalah 1) Efektivitas pembelajaran virtual berbasis video tutorial melalui WhatsApp group pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat, 2) Efektivitas media WhatsApp sebagai media belajar pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat. Tujuan penelitiannya yaitu 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran virtual berbasis video tutorial melalui WhatsApp group pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat, 2) mengetahui efektivitas media WhatsApp sebagai media belajar pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini merupakan guru fisika dan siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat. Intrumen penelitian ini berupa angket dan wawancara. Angket dibagikan hanya kepada siswa dan wawancara dilakukan kepada guru dan siwa. Intrumen ini berguna untuk menggali informasi mengenai efektivitas proses pembelajaran virtual berbasis video tutorial serta efektivitas penggunaan WhatsApp sebagai media belajar pada mata pelajaran fisika kelas X SMAN 1 Srengat. Hasil penelitian ini disimpulkan 1) Pembelajaran virtual berbasis video tutorial melalui WhatsApp group pada mata pelajaran fisika kelas di X MIPA 4 SMAN 1 Srengat efektif dilaksanakan, 2) Media WhatsApp efektif digunakan sebagai media belajar pada mata pelajaran fisika di kelas X MIPA 4 SMAN 1 Srengat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183019 Nanda Nufajarita Khumairoh |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:30 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33459 |
Actions (login required)
View Item |