MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH (Studi Multisitus MTsN 6 Jombang dan MTsN 2 Kediri)

SYAMSUL HADI, 12501185040 (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH (Studi Multisitus MTsN 6 Jombang dan MTsN 2 Kediri). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Mutu madrasah merupakan isu yang selalu menjadi kajian serius dalam dunia pendidikan dari waktu ke waktu. Berbagai pendekatan dilakukan baik oleh pemerintah maupun pengelola lembaga pendidikan guna meningkatkan mutu madrasah. Salah satu pendekatan adalah pendidikan karakter. Penelitian disertasi ini berangkat dari fenomena pendidikan karakter yang ada di MTsN 6 Jombang dan MTsN 2 Kediri, dua lembaga yang sama-sama pernah meraih penghargaan nasional dibidang pendidikan karakter. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan jawaban dari empat pertanyaan mendasar; a) Bagaimana Perencanaan Manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah, b) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah, c) Bagaimana evaluasi Manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah; yang ada di MTsN 6 Jombang dan MTsN 2 Kediri, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multisitus. Sumber data informan, peristiwa, lokasi dan document baik primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik analisis data interaktif Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Temuan penelitian; 1) Perencanaan peningkatan mutu madrasah merupakan proses penentuan sasaran dan program strategis dalam meningkatkan mutu madrasah berbasis pendidikan karakter; 2) Pelaksanaan manajemen peningkatan mutu madrasah merupakan tindakan pembelajaran dan pembiasaan karakter berbasis kurikulum, program ekstra maupun program madrasah; 3) Evaluasi menggunakan pendekatan ketercapaian indikator visi dan misi madrasah. Hasil penelitian mendukung pendapat Terry tentang fungsi manajemen, pendapat Sallis bahwa langkah peningkatan mutu adalah identifikasi kebutuhan pelanggan, pengembangan produk dengan keistimewaan khusus dan pengembangan sistem. Juga pendapat Sallis bahwa madrasah bermutu adalah madrasah yang memiliki nilai moral/karakter tinggi, hasil ujian sangat baik, serta kepedulian dan perhatian bagi siswa. Hasil penelitian menawarkan konsep program madrasah, seperti program madrasah ramah anak, madrasah literasi, madrasah adiwiyata dan madrasah berma’had sebagai pendekatan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah. Kata Kunci: Manajemen, Mutu Madrasah, Pendidikan Karakter.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185040 Syamsul Hadi
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:22
Last Modified: 27 Mar 2023 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33465

Actions (login required)

View Item View Item