MANAJEMEN MA’HAD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Multisitus di MAN 4 Jombang dan MAN Bangkalan)

ABD. HARIS, 12501185001 (2022) MANAJEMEN MA’HAD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Multisitus di MAN 4 Jombang dan MAN Bangkalan). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (292kB)

Abstract

ABSTRAK ABDUL HARIS, 2021. Manajemen Ma’had dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah (Studi Multisitus di MAN 4 Jombang dan MAN Bangkalan). Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN SATU Tulungagung. Promotor I: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Promotor II: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Ma’had, Mutu Pendidikan Madrasah, Penelitian disertasi ini berangkat dari fenomena maraknya madrasah berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan ma’had. Meskipun ide ma’had ini diidentikan dengan pesantren, karakteristik ma’had yang lahir dari madrasah tentu berbeda dengan ma’had yang melahirkan madrasah. Ketepatan ataupun kekeliruan manajemen dalam memahami karakteristik ini akan menentukan posisi ma’had sebagai basik peningkatan mutu atau justru menambah beban dan menjauhkan madrasah dari mutu yang diidealkan. Penelitian ini mengambil lokus di MAN 4 Jombang dan MAN Bangkalan dengan tujuan menemukan jawaban atas pertanyaan sebagai berikut 1) Bagaimana perencanan pengembangan ma’had?; 2) Bagaimana pengorganisasian ma’had?; 3) Bagaimana pengarahan dan penanganan konflik pengembangan ma’had?; 4) Bagaimana pengendalian pengembangan ma’had; dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah yang ada di MAN 4 Jombang dan MAN Bangkalan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis menggunakan rancangan multisitus. Lokasi penelitian adalah Ma’had Hasbullah Said MANPK MAN 4 Jombang dan Ma’had Ihya’uddin MAN Bangkalan. Tehnik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus dengan tehnik analisa reduksi data, penyajian, data dan simpulan. Hasil dari penelitian manajemen ma’had ini adalah sebagai berikut 1) Perencanaan merupakan perumusan sasaran dan target kurikulum dan peserta didik, serta strategi pengadaan, perekrutan dan pengelolaan tenaga pendidik dan santri, kurikulum serta pembiayaan; 2) Pengorganisasian merupakan tindakan organitatif dalam penyusunan kurikulum elaborative ma’had dan formal, sinergisitas sistem penerimaan siswa dan santi, pola keorganisasian ma’had, pembiayaan dan pengawasan; 3) Leading ditujukan untuk memastikan penerapan SOP, keselarasan kurikulum, kesesuaian pelaksanaan dengan target rasional dan ideal, realisasi pembiasaan, profesionalisme, dan harmonisasi komunikasi warga ma’had; 4) Pengendalian ditujukan untuk kendali terhadap profesionalisme,kontribusi ma’had, dan keberlakuan system yang ditetapkan. Temuan penelitian ini menguatkan teori fungsi manajemen Robbins & Coulter bahwa fungsi leading lebih efektif dari fungsi actuating. Menguatkan teori Total Quality Management (TQM) Sallis. Mendukung teori Crosby tentang kebijakan mutu.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185001 ABD. HARIS
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:13
Last Modified: 27 Mar 2023 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33471

Actions (login required)

View Item View Item