DAMPAK PERCERAIAN KELUARGA TERHADAP PENENTUAN KRITERIA PASANGAN HIDUP (Studi Kasus di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

NABILLA NIKMATURROSIDAH, 12102193202 (2023) DAMPAK PERCERAIAN KELUARGA TERHADAP PENENTUAN KRITERIA PASANGAN HIDUP (Studi Kasus di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

NABILLA NIKMATURROSIDAH, 12102193202, Dampak Perceraian Keluarga Terhadap Penentuan Kriteria Pasangan Hidup, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci : dampak, perceraian, keluarga, kriteria pasangan hidup Penelitian ini dilatar belakangi adanya perceraian yang ada di dalam keluarga. Secara tidak langsung perceraian memberikan dampak terhadap individu-individu yang ada dalam keluarga tersebut apalagi jika di dalam keluarga tersebut terdapat remajanya. Dampak dari perceraian tersebut dapat menjadikan seseorang lebih selektif dalam memilih pasangan sehingga memiliki kriteria tersendiri untuk pasangan hidupnya. Perceraian yang terjadi dalam keluarganya akan dijadikan acuan dalam menentukan orientasi mengenai pernikahan dan hal-hal yang berkaaitan denganya. Rumusan masalah : 1) Bagaimana kriteria pasangan hidup yang dilatar belakangi keluarga korban perceraian? 2) Bagaimana dampak perceraian keluarga dalam memilih pasangan hidup ditinjau dari konsep keluarga sakinah?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kriteria pasangan hidup yang dilatar belakangi keluarga korban perceraian, 2) Untuk mengetahui dampak perceraian keluarga dalam memilih pasangan hidup ditinjau dari konsep keluarga sakinah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode yuridis empiris dan menggunakan pendekatan teologis normatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Persepsi tokoh agama, tokoh masyarakat, penjelasan keluarga atau orang tua yang bercerai, dan remaja korban perceraian dalam memilih pasangan hidup yang paling utama adalah harus berdasarkan agama. Karena yang agamanya baik akan menentramkan keluaraga sehingga tercipta keluarga sakinah. 2) Keluarga sakinah berarti keluarga yang didalamnya diliputi rasa cinta dan kasih sayang sehingga mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Ulama
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: nabilla 12102193202 nikmaturrosidah
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:46
Last Modified: 31 Mar 2023 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33475

Actions (login required)

View Item View Item