KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN (Studi Multikasus Di SMP Al-Muhafizhah Blitar Dan SMP Sunan Gunung Jati Tulungagung)

MUHAMMAD SUBCHAN SODIQ, 12501185020 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN (Studi Multikasus Di SMP Al-Muhafizhah Blitar Dan SMP Sunan Gunung Jati Tulungagung). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Subchan Sodiq; NIM. 12501185020; “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Tahfizh Al-Qur’an (Studi Multikasus di SMP Al-Muhafizhah Blitar dan SMP Sunan Gunung Jati Tulungagung) Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor I; Prof Dr. H.. Akhyak Promotor II; Dr Khozin, MA Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Tahfizh Al-Qur’an Disertasi ini dilatar belakangi fenomena kepala sekolah dalam penyelenggaraan program kelas tahfizh di sekolah. Pembelajaran tahfizh al-Qur’an pada dasarnya merupakan program eksklusif yang membutuhkan seperangkat standar yang khas, baik dari sisi materi, metode, sarana prasarana dan tenaga pendidik. Disisi lain, tingginya minat masyarakat terhadap program tahfizh merupakan peluang bagi sekolah untuk meningkatkan minat pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan jawaban dari tiga pertanyaan mendasar; 1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam mendefinisikan visi dan misi program tahfizh?; 2) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam penggerakan warga sekolah untuk melaksanakan program tahfizh?; 3) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam pengendalian program tahfizh di SMP Al Muhafizhah Blitar dan SMP Sunan Gunung Jati Tulungagung.? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di SMP Al-Muhafizhah Blitar dan SMP Sunan Gunungjati Tulungagung. Sumber data informan, peristiwa, lokasi dan dokumen baik primer maupun sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan tehnik analisis data Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian; 1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mendefnisikan visi dan misi program tahfizh Al-Qur’an merupakan penegasan tentang alasan historis, aspirasi masyarakat, karakter, penciri keunggulan dan daya saing sekolah sebagai lembaga pendidikan Islam; 2) Kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan warga sekolah untuk melaksanakan program tahfizh dilakukan dengan pendekatan penyadaran, pendekatan partisipatif dan delegatif dengan mengutamakan sistem kerja kolaboratif; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengendalian program tahfizh Al-Qur’an dilakukan dengan model pengawasan, evaluasi dan pemecahan masalah dengan pendekatan evaluasi partisipatif, serta program pembinaan dengan pendekatan delegatif Hasil penelitian menguatkan konsep Mulyasa bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan mengarahkan, menggerakan dan membina anggota organisasi sekolah untuk mencapai tujuan bersama. Menguatkan konsep fungsi kepemimpinan Selznik yaitu mendefinisikan visi misi, menjaga keutuhan organisasi dan pengendalian. Menguatkan konsep kepemimpinan Blanchard tentang pendekatan partisipatif dan delegatif dalam hubungan pemimpin dengan bawahan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185020 MUHAMMAD SUBCHAN SODIQ
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:35
Last Modified: 28 Mar 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33483

Actions (login required)

View Item View Item