STRATEGI GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDISLAM BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

WINDI SEPTIANI, 17205163220 (2023) STRATEGI GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDISLAM BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas sebagai Pelaksana Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Windi Septiani, NIM 17205163220, dengan pembimbing Drs. Hj. Chusnul Chotimah. M.Ag. Kata kunci: Strategi, Guru Kelas, Bimbingan dan Konseling, Problematika Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah-masalah yang dialami peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Dimana pada masa ini perkembangan berbagai potensi yang dimiliki anak, baik agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, maupun sosio-emosional, berada pada tahap perkembangan yang membutuhkan bantuan ahli khusus untuk mengatasinya. Namun pada kenyataannya, tidak semua jenjang tingkat sekolah dasar memiliki lembaga khusus bimbingan konseling dalam rangka mengatasi problematika yang dialami peserta didik. Melihat masalah tersebut, agar problematika yang dialami peserta didik dapat ditekan dan diatasi akhirnya tugas memberikan bimbingan dan konseling diberatkan kepada pendidik (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran, khususnya guru kelas, maupun staf yang lainnya). Artinya, seorang pendidik tidak hanya dituntut untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik, tetapi juga sekaligus pembimbing yang mampu membenarkan, menyalahkan, menambahkan, mengurangkan, dan mendisiplinkan peserta didik melalui pemberian bimbingan dan konseling. Sehingga dapat dikatakan bahwa, pendidik pada jenjang sekolah dasar adalah konselor dimana merekalah yang selalu ada, selalu bersama dan yang menjadi pengamat langsung perkembangan peserta didik selama di sekolakah. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam mengatasi problematika peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk problematika yang dilakukan peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pendidik/guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam mengatasi problematika peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi terhadap strategi pendidik/guru kelas dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulugagung? (4) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pendidik/guru kelas dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data secara nyata dan menguatkan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi yang terkait dengan strategi guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling dalam mengatasi probelmatika peserta didik. Hasil temuan dalam penelitian tentang strategi guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam mengatasi problematika peserta didik di SD Islam Bayanul azhar Sumbergempol Tulungagung diperoleh fakta bahwa, bentuk-bentuk problematika peserta didik sangat beragam baik pada kelas atas maupun kelas rendah yaitu, problematika kelas atas antara lain: kurangnya minat belajar, kebiasaan mencontek, bertengkar dengan teman, perilaku tidak sopan, menghina sesama teman, berkata bohong, berisik , tidak patuh, merusak barang. Sedangkan problematika pada kelas rendah antara lain: suka mengganggu teman, suka mengadu, asyik sendiri, berisik. Problematika yang dialami peserta didik kelas atas belum tentu dialami peserta didik kelas rendah dan sebaliknya. Selanjutnya dalam mengatasi problematika peserta didik, pendidik/guru kelas di SD Islam Bayanul Azhar telah mempersiapkan sebuah strategi antara lain dengan: menciptakan kesiapan belajar, memberikan bimbingan individu dan kelompok, memberikan motifasi, mengurangi marah berlebihan, menciptakan keharmonisan, memberikan reward, penekanan terhadap rasa malu, sanksi bagi pelanggar tata tertib, penekanan rasa takut kepada Allah SWT, dan menyiapkan tenaga ahli. Melalui strategi ini, masalah yang dialami peserta didik di SD Islam Bayanul Azhar dapat ditekan dan diatasi. Kemudian dalam evaluasi strategi bimbingan dan konseling kepada peserta didik dilakukan pada setiap akhir pembelajaran, setiap 1 bulan sekali, ataupun mengadakan dan mengikuti seminar pendidikan. Terakhir, faktor pendukung dan penghambat bimbingan dan konseling kepada peserta didik sebagai berikut: Faktor pendukung antara lain, adanya dukungan dari orang tua peserta didik, adanya komunikasi yang sangat baik dan terencana. Sedangkan faktor penghambatnya seperti kurang terbukannya peserta didik terhadap masalah yang dihadapi, tidak adanya kebebasan dalam menyampaikan masalah, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan kurangnya tenaga ahli.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163220 Windi Septiani
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:14
Last Modified: 04 Apr 2023 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item View Item