Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2015/ 2016

RIZKA ERMA FEBRIANA, 2811123201 (2016) Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2015/ 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB II FIX.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV fix.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V fix.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI fix.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Awal Skripsi.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Belakang Skripsi.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizka Erma Febriana, NIM. 2811123201. “Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2015/ 2016”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016. Dosen pembimbing Drs.H. Masduki, M.Ag, NIP. 196207081998031001. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dikarenakan guru kurang menguasai strategi pembelajaran baik yang berkaitan dengan metode, media, maupun teknik – teknik dalam pembelajaran. Sehingga berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk memotivasi belajar siswa di MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk memotivasi belajar siswa di MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Ngantru tahun ajaran 2015/2016? Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Negeri Ngantru. Data yang peneliti dapatkan dari informan yakni guru, kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, dan siswa beserta aktivitasnya. Data berupa tempat yaitu di MTs Negeri Ngantru. Serta dokumen berupa foto dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil penelitian : (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni dengan menyesuaikan materi yang disampaikan serta dengan melihat karakteristik siswa. Selain itu, agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, guru juga melakukan variasi berbagai macam metode pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Guru juga mempertimbangkan tentang banyaknya waktu dalam satu kali pertemuan serta fasilitas yang dapat mendukung terlaksananya metode yang akan diterapkan. Diantara metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Ngantru antara lain : a) metode ceramah, b) metode diskusi dan presentasi, c) metode tanya jawab, d) metode penugasan, e) metode permainan, dan f) metode drama. (2) Kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Media yang digunakan guru antara lain Liquid Cristal Display Proyektor, laptop, media kartu, video, teman sejawat, alam sekitar, bahkan guru juga membuat media pembelajaran sendiri yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Dalam memilih media pembelajaran, selain disesuaikan dengan materi guru juga akan mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan siswa, yakni kemampuan siswa dalam menggunakan media tersebut serta keefektifan media tersebut. (3) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam antara lain: a) sarana dan prasarana, b) motivasi dari dalam diri guru, c) kondisi guru baik fisik maupun psikis, d) motivasi dari atasan dan teman sejawat, e) jumlah siswa dalam kelas, dan f) jam kerja guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123201 RIZKA ERMA FEBRIANA
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:19
Last Modified: 26 Jul 2016 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item