HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN HADITS DENGAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VIII DI MTSN 5 BLITAR

UNICHA WEENDY CHOMELISHA, 17201163369 (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN HADITS DENGAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS VIII DI MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan antara Kemampuan Menghafal Al Qur’an Hadits dengan Sikap Disiplin Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas VIII di MTsN 5 Blitar” ditulis oleh Unicha Weendy Chomelisha, NIM. 17201163369, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata kunci:. Kemampuan Menghafal, Sikap Disiplin, Al-Qurán, Hadits Disiplin adalah suatu sikap yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan atas peraturan yang berlaku baik di rumah, sekolah, dan masyarakat yang tumbuh dalam diri sendiri. Setiap orang memerlukan sikap disiplin dalam melakukan sesuatu, terutama peserta didik. MTsN 5 Blitar menggunakan metode menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dengan menerapkan cara tersendiri dalam mengajarkan metode menghafal. Dengan adanya kedisiplinan, maka guru akan dapat mengarahkan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menghafal al-Qur’an hadits dengan sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII di MTsN 5 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan data angka sebagi basisnya. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan melibatkan peserta didik kelas VIII di MTsN 5 Blitar. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket, dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas dan terakhir uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan antara kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits terhadap sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kel[as VIII di MTsN 5 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh analisis korelasi pearson product moment sebesar 0.740 > 0.05 dan Sig 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163369 UNICHA WEENDY CHOMELISHA
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:25
Last Modified: 04 Apr 2023 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33575

Actions (login required)

View Item View Item