Reny Fatmawati, 2817123133 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar

Reny Fatmawati, 2817123133 (2016) Reny Fatmawati, 2817123133 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
A. Bagian Awal.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. Bagian Inti.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. Bagian Akhir.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reny Fatmawati: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Skripsi jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, institut agama islam negeri (IAIN) tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) , Hasil Belajar, Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran matematika yang masih rendah, peserta didik menganggap sulit pelajaran matematika dan kurang konsentrasi ke materi pelajaran karena guru hanya menggunakan buku paket dan metode ceramah dalam proses penyampaian materi sehingga guru merasa cukup kesulitan untuk memahamkan seluruh siswa. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Dari uraian diatas, maka rumusan dan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Langkah-langkah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran Matematika pokok bahasan Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK) dan Faktor Persekutuan terBesar (FPB) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar; (2) Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK) dan Faktor Persekutuan terBesar (FPB) melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: tes, wawancara, pengamatan (observation) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa: (1) Penerapan metode NHT adalah dengan cara membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar. Setiap kelompok diberikan nomor urut yang berbeda kemudian dalam kelompok tersebut diberikan soal yang harus dikerjakan dan dimusyawarahkan yang kemudian akan mendapatkan hasilnya. Guru menunjuk salah satu nomor untuk mengerjakan tugas tersebut dan kelompok lain yang nomornya sama akan memberikan komentarnya; (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,09. Persentase ketuntasan belajar (59,09%). Sedangakan pada siklus II nilai rata-rata kelas 82,50. Persentase ketuntasan belajar(95,45%). Dengan demikian pada rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 13,41. begitu pula pada ketuntasan belajar Matematika terjadi peningkatan sebesar 36,36% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123136 Rifqi Yustanto
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:08
Last Modified: 27 Jul 2016 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3364

Actions (login required)

View Item View Item