PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MIN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

HALIMATUS SA’DIAH, 17205163329 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MIN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Halimatus Sa’diah. 17205163329. Tahun 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Example non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Sarjana Institute Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M. A. Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada kelas tinggi. Ditinjau dari kelas 4, 5 dan 6, kelas 4 adalah kelas yang paling rendah nilai hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah kognitif siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah afektif siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah psikomotorik siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah kosnitif siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah afektif siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar IPA ranah psikomotorik siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas (kelas 4, 5 dan 6) MIN 6 Tulungagung dengan jumlah siswa 135. Dalam sampel penelitian ini menggunakan tehnik purpose sampling. Tehnik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar IPA ranah kognitif diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.002 dan t hitung 4.683. 2) Berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar IPA ranah afektif diperoleh sig (2tailed) sebesar 0.016 dan t hitung 4.514. 3) Berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar IPA ranah kognitif diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.006 dan t hitung 3.206. Karena signifikan pada hasil tes ranah kohnitif, afektif, dan psikomotorik < 0,05 maka H O ditolak dan H a diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajarn example non example terhadap hasil belajar IPA siswa MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163329 HALIMATUS SA’DIAH
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:10
Last Modified: 10 Apr 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33657

Actions (login required)

View Item View Item