HANDA INTANUL HAYATI, 12205173137 (2023) PROFESIONALITAS GURU DALAM KETERAMPILAN MENGAJAR TEMATIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (736kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Profesionalitas Guru dalam Keterampilan Mengajar Tematik di SDI AL-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Handa Intanul Hayati, NIM 17205173137, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Dosen pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faidzin, M.Ag. Kata Kunci: Profesionalitas, Pelaksanaan Keterampilan mengajar, dan Tematik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya profesionalitas guru dalam kegiatan belajar mengajar karena berkaitan dengan keterampilan mengajar dan kualitas pembelajaran di kelas. Profesionalitas guru cukup mempengaruhi kondisi aktivitas pendidikan utamanya dalam pembelajaran, yang menuntut agar memiliki kompetensi dibidang pengajaran mulai dari penguasaan perencanaan proses, strategi dan evaluasi khususnya pada pembelajaran Tematik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profesionalitas guru tematik dalam merencanakan keterampilan mengajar di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui profesionalitas guru tematik dalam melaksanakan keterampilan mengajar di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui profesionalitas guru tematik dalam mengevaluasi keterampilan mengajar di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer berupa Hasil wawancara dengan Kepala SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, bapak/ibu guru, hasil observasi kegiatan mengajar, dan hasil dokumentasi. Sumber data sekunder berupa arsip dan catatan pendukung. Teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan keterampilan mengajar di lakukan dengan menyiapkan rencana pelaksanaan pembelaran, menyiapkan bahan ajar, menganalisis materi. (2) Pelaksanaan keterampilan mengajar menggunakan keterampilan membuka menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan menjelaskan bertujuan untuik meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar. (3) Evaluasi keterampilan mengajar dilakukan dengan kegiatan penilaian ujian tes tulis dan kegiatan ujian tes lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173137 HANDA INTANUL HAYATI |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:47 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33658 |
Actions (login required)
View Item |