Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014

Rahmawati, Fenny Dyah (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Pemahaman Prosedur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang antusiasme dari siswa dalam proses belajar. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional, sehingga sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika itu adalah pelajaran yang rumit dan membosankan, ancamanya pemahaman konsep yang kurang. Di dalam menyelesaikan masalah matematika diperlukan pemahaman konsep dan pemahaman prosedur. Pemahaman konsep yang tidak didukung oleh pemahaman prosedur akan mengakibatkan siswa mempunyai gerakan yang baik tentang suatu konsep tetapi tidak mampu menyelesaikan suatu masalah. Di lain pihak, pemahaman prosedur yang tidak didukung oleh pemahaman konsep akan mengakibatkan siswa mahir memanipulasi simbol-simbol tetapi tidak memahami dan mengetahui makna dari simbol tersebut. Salah satu model pembelajaran yang tepat terkait kondisi tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Tujuan dalam penelitian ini (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013-2014 (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman prosedur matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013-2014. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VII-E dengan jumlah siswa 33 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F dengan jumlah siswa 35 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan tes. Lembar observasi dan lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti baik sebelum penelitian dan selama penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep dan pemahaman prosedur matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan menggunakan metode konvensional. xvi Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. dari analisis disimpulkan bahwa: (1) nilai sig = 0,00 < 0,05 dan thitung = 9,78 > ttabel = 1,669 pada taraf signifikansi 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014”, (2) nilai sig = 0,00 < 0,05 dan thitung = 9,72 > ttabel = 1,669 pada taraf signifikansi 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar pemahaman prosedur matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan prosedur matematika siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:04
Last Modified: 04 Dec 2014 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item