PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

SOFI NURIANA, 17208163006 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Video Motion Graphic Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Peredaran Darah kelas VIII Di MTsN 2 Tulungagung ditulis oleh : Sofi Nuriana NIM. 17208163006, Jurusan Tadris Biologi, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Kata kunci : Problem Based Learning , Video Motion Graphic, Motivasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan daring yang dilakukan masa era new normal yang mengharuskan pembelajarn berlangsung secara jarak jauh. Beberapa kendala muncul dimana keaktifan siswa dalam pembelajaran menurun karena kegiatan belajar yang monoton dan tidak terlalu melibatkan siswa dalam pembelajaran yang terkait sehingga terkesan muncul kepasifan di dalam kelass belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap motivasi belajar biologi materi sistem peredaran darah kelas VIII Di MTsN 2 Tulungagung, 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah kelas VIII Di MTsN 2 Tulungagung, 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan video motion graphic terhadap motivasi dan hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah kelas VIII Di MTsN 2 Tulungagung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan bantuan video motion grapich terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 8 di MTsN 2 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTsN 2 Tulungagung yang diambil sampel secara random sampling sehingga didapat dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol VIII-G dan kelas eksperimen VIII-K tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 41 siswa.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk uraian dan angket motivasi dengan skala likert yang sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas. Data hasil tes dan angket dianalisis menggunakan uji independent sample t test dan uji manova. Dari hasil penelitian didapat bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi siswa dalam belajar. Namun ada perbedaan trhaddap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbantuan video motion grapich menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikansi antara keduanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163006 SOFI NURIANA
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:43
Last Modified: 11 Apr 2023 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33714

Actions (login required)

View Item View Item