BINTI AMINAH PUTRI LESTARI, 17205163338 (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (496kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (578kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengembangkan Variasi Pembelajaran Tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Aminah Putri Lestari, NIM.17205163338. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidhaiyah, Jurusan Tarbiyah FTIK, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Guru dan Variasi Pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam mengatasi rasa jenuh dan bosan peserta didik dalam pembelajaran tematik diperlukan peran seorang guru. Guru menjadi faktor yang menentukan mutu pendidikan karena guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Di tangan guru, mutu dan kepribadian peserta didik dibentuk. Oleh karena itu, diperlukan sosok guru yang kompeten, memiliki tanggung jawab, terampil, dan berdedikasi tinggi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana peran guru sebagai edukator, motivator, dan fasilitator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Peran guru sebagai edukator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik meliputi: memahami kemampuan setiap peserta didik, menguasai materi, dan suasana kelas; menggunakan sumber belajar lebih dari satu; setiap waktu mengadakan evaluasi pembelajaran yang lebih menarik dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. (2) Peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik meliputi: membangkitkan semangat belajar dan menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik; memberikan reward pada peserta didik yang aktif saat pembelajaran; memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik yang masih kurang dalam menguasai materi. (3) Peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan variasi pembelajaran tematik meliputi: memberikan fasilitas berupa buku teks ataupun media online; memanfaatkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163338 Binti Aminah Putri Lestari |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 06:29 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33720 |
Actions (login required)
View Item |