PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

LAILATUL NURFIKA, 2817123086 (2017) PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIX.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyyah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Lailatul Nurfika, NIM. 2817123086, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Anin Nur Hayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Sam’iyyah Syafawiyyah, Hasil Belajar Bahasa Arab. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Bahasa Arab di MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran Sam’iyyah Syafawiyyah. Penerapan metode pembelajaran Sam’iyyah Syafawiyyah dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui metode Sam’iyyah Syafawiyah mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode Sam’iyyah Syafawiyyah pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui metode Sam’iyyah Syafawiyyah mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar yang terdiri atas 15 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Arab, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukan telah terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 61,43 dengan prosentase ketuntasan 30,43%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 72,69 dengan prosentase ketuntasan 43,47% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86,04 dengan prosentase ketuntasan 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Sam’iyyah Syafawiyyah dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Darussalam Kolomayan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123086 LAILATUL NURFIKA
Date Deposited: 04 Jan 2017 06:46
Last Modified: 04 Jan 2017 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item