PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

YUNI ISMATUL MAULA, 2817123175 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Peserta Didik Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Yuni Ismatul Maula, NIM. 2817123175, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Fathul Mujib, M.Ag Kata kunci: Kooperatif, Numbered Heads Together , Hasil Belajar IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebab kurangnya hasil belajar IPS kelas III MIN Tunggangri. Kondisi tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah sehingga semangat belajar peserta didik menurun dan peserta didik menjadi kurang aktif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together sebagai salah satu model yang dapat memotivasi peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS materi Jenis- Jenis Pekerjaan pada Peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS materi Jenis- Jenis Pekerjaan Peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS materi Jenis- jenis pekerjaan peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Jenis- jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dengan langkah-langkahnya yaitu 1) Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, setiap peserta didik dalam kelompok mendapat nomor 2) peneliti memberikan tugas dan masing- masing kelompok mengerjakanya. 3) Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakanya/ mengetahui jawabanya. 4) Peneliti memanggil salah satu nomor peserta didik dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka. 5) kemudian peneliti menunjuk nomor yang lain. 6) kesimpulan. Peningkatan hasil belajar Peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 68,97 (44,11%), sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 92,94 (91,17%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 47,06. Dari data tersebut terlihat bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123175 YUNI ISMATUL MAULA
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:21
Last Modified: 01 Aug 2016 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item