Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014

Safitri, Lutfi Aprilia (2014) Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci :Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang merasa bahwa pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah pelajaran yang kurang penting dan sangat membosankan, sedang di sekolah guru sering terjebak menggunakan metode pengajaran yang mengarah pada metode ceramah atau bercerita saja, padahal metode tersebut mudah mendatangkan kebosanan pada siswa apabila guru yang memberikan materi tersebut tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan siswa, jika terjadi kebosanan pada siswa juga akan berpengaruh pada motivasinya untuk belajar maka hal selain itu juga berdampak pada tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Hal inilah yang kemudian melatar belakangi peneliti untuk mengungkap keberadaan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:(1) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014? (2) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014? (3) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan Tahun 2013/2014, (2) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN RejotanganTahun 2013/2014, (3) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN RejotanganTahun 2013/2014. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian korelasi, dan juga termasuk dalam penelitian survei dan penelitian asisiatif/ hubungan. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Variabel bebas motivasi belajar (motivasi intrinsik dan ekstrinsik) dan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas XI bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. Skala pengukuran pada xvi penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan prosentase, frekuensi, mean dan product moment. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dan angket dan dokumentasi diperoleh koefisien korelasi product moment untuk motivasi intrinsik sebesar 0,998 dan motivasi ekstrinsik sebesar 0,997 sedangkan untuk koefisien dari korelasi ganda (variabel motivasi belajar) sebesar 0,999 dan hasil ini lebih besar pada taraf 1% maupun 5% sehingga dalam penelitian skripsi kuantitatif ini dapat disimpulkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI bidang Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Tulungagung Tahun 2013/2014. Saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam hendaknya mampu menimbulkan motivasi belajar siswa khususnya bagi siswa yang motivasi belajarnya perlu ada rangsangan dari luar. Karena tanpa adanya motivasi dan dorongan dari guru, maka kemungkinan siswa tidak dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan ini berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Guru bisa membangkitkan motivasi siswa dengan cara membuat kegiatan belajar lebih menarik dan penggunaan metode pengajaran yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 04:03
Last Modified: 30 Sep 2014 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item