Kusnaningsih, Wiwik (2014) Pengaruh Budaya Religius Sekolah (Dipilin Hafalan surat Yasin dan Sholat berjma’ah). [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (973kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Budaya Religius Sekolah, Disiplin, Hafalan Surat Yasin, Sholat Berjama’ah , Prestasi Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masalah kemerosotan akhlak dan kedisiplinan sering dilakukan oleh peserta didik Masalah ini membawa gambaran negatif kepada sistem pendidikan. Puncak masalah ini ialah penekanan konsep pendidikan yang cenderung fokus pada isi pelajaran saja atau bisa dikatakan hanya sebatas teori. Proses pembentukan akhlak dan kedisiplinan tersebut bisa diwujudkan salah satunya ialah melalui budaya religius sekolah. Yakni ditekankan pada perwujudan peserta didik yang seimbang cerdas dalam materi ilmu pengetahuan dan juga dapat menerapkan nilai dan norma dalam kehidupan di sekolah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara budaya religius sekolah disiplin hafalan surat yasin dengan prestasi belajar siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon 2) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara budaya religius sekolah disiplin sholat bejama’ah dengan prestasi belajar siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon 3). adakah hubungan yang positif dan signifikan antara budaya religius sekolah disiplin hafalan surat yasin dengan disiplin sholat bejama’ah Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara budaya religius sekolah disiplin hafalan surat yasin, sholat bejama’ah dengan prestasi belajar siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon, dan antara budaya religius sekolah disiplin hafalan surat yasin dengan disiplin sholat bejama’ah Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, lokasinya di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol. menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview) sebagai pendukung. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A di MTs Darul Falah yang berjumlah 30 siswa dan jumlah populasi MTs Darul Falah sebanyak 194 siswa. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan uji normalitas Chi Kuadrat, uji hipotesis dengan Product Moment dan uji t. Hasil analisa data diperoleh nilai Product Moment = 0,86; 0,544; 0,538. Hal ini menunjukkan nilai yang lebih besar jika dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,361. Dan uji t 8,9; 3,39; 3,30 dengan harga nilai t tabel = 2,048. Berdasarkan hipotesis yang digunakan rhitung > rtabel, thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya religius disiplin hafalan surat yasin dan prestasi belajar siswa. Antara budaya religius disiplin sholat berjama’ah dengan prestasi belajar siswa, dan juga antara budaya religius disiplin hafalan surat yasin dan sholat berjama’ah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 08:14 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |