ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER TEST MULTIPLE CHOICE PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI

DARWIS MUHAMMAD, 12212173061 (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER TEST MULTIPLE CHOICE PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran kimia setiap siswa memiliki konsepsi yang berbeda. Konsepsi ini didapatkan dari pengalaman individu pada saat mempelajari suatu konsep maupun materi. Ketika konsepsi yang dimiliki oleh siswa sesuai dengan konsep ilmiah maka siswa tersebut akan mudah dalam mempelajari konsep yang lebih kompleks. Akan tetapi, ketika suatu konsepsi yang dimiliki oleh siswa tidak sesuai dengan konsep ilmiah memungkinkan siswa tersebut mengalami miskonsepsi pada saat mempelajari konsep selanjutnya. Salah satu miskonsepsi yang terjadi adalah pada materi redoks, apabila miskonsepsi pada siswa tidak segera direduksi maka dapat menimbulkan miskonsepsi yang berkelanjutan. Untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa dapat digunakan tes diagnostik three tier. Tujuan dari penelitian ini yaitu (a) Menganalisis pemahaman siswa tentang konsep materi redoks, (b) mengetahui persentase miskonsepsi pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, mendeskripsikan hasil tes diagnostik three tier sesuai dengan hasil jawaban siswa. Analisis miskonsepsi pada materi redoks ini dilakukan pada siswa kelas X MAN 3 Blitar tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian sebanyak 68 siswa. Penentuan subjek penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Sebelum dilakukan pengambilan data tes diagnostik three tier divalidasi dan diuji coba kepada siswa, hasil uji coba tes diagnostik three tier yaitu 21 tes valid. Pada tes tersebut memiliki nilai reliabilitas soal sebesar 0.828 dengan kriteria sangat tinggi, selain itu juga dilakukan uji tingkat kesukaran dan daya beda. Tes diagnostik yang digunakan untuk mengambil data penelitian yaitu sebanyak 20 butir soal. Hasil dari tes diagnostik three tier menunjukkan adanya miskonsepsi pada semua konsep redoks dengan persentase miskonsepsi sebesar 51,32%. Pada konsep reaksi redoks siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 51.03%, konsep bilangan oksidasi sebesar 52.70% dan konsep penamaan senyawa sebesar 50.00%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Molaritas
Kimia > Molekul Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Darwis 12212173061 Darwis Muhammad
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:50
Last Modified: 31 May 2023 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34063

Actions (login required)

View Item View Item