Dewi, Novita Rosalina (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di MI Bendiljati Wetan siswa lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya IPS.Karena peserta didik selalu diberi pembelajaran dengan metode yang membuat peserta didik kurang berkembang, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan.Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif.Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan karena siswa terlibat aktif dengan lingkungannya dalam pembelajaran.Sehingga, diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS materi Koperasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi koperasi bagi siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi koperasi bagi siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi koperasi bagi siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS materi koperasi bagi siswa kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV mata pelajaran IPS materi koperasi.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan xviii lapangan, dokumentasi, dan angket.Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa minimal mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari hasil pre test, siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata pre test60,88 (38,24%), siklus I 68,48 (48,48%), siklus II 78,33 (84,85%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Bendilajati Wetan Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 08:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |