PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH (MA) UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

NGAINUN NAJIB, 2811123174 (2016) PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH (MA) UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
berkas skripsi.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Aliyah Unggulan Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ngainun Najib, NIM.2811123174, pembimbing Drs. Muh.Kharis, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta bahwa saat ini mayoritas sekolah hanya bersaing dari segi akademik saja dan banyak sekolah yang lebih mengesampingkan pendidikan peserta didik dari segi akhlak. Padahal akhlak merupakan sebuah fondasi penting dalam membangun generasi bangsa yang baik. Dalam hal ini peneliti membahas pembinaan akhlak melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Unggulan Bandung sebagai sekolah berbasis pesantren yang mengutamakan hal tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalaui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Unggulan Bandung? (2) Bagaimana evaluasi pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Unggulan Bandung?(3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan akhlakulo karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui metode pelaksanaan pembinaan akhlakul karmah peserta didik melalui kegiatan keagamaan, 2. Mengetahui evaluasi pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan, 3. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah Unggulan Bandung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu sekolah, bagi para guru Madrasah Aliyah Unggulan Bandung sebagai bahan kajian untuk lebih meningkatan upaya pembinaan akhlak peserta didik agar lebih baik lagi. Bagi para pembaca lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog seara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam upaya Pembinaan akhlak siswa dengan melalaui kegiatan keagamaan adalah dengan menggunakan metode 1. Pembiasaan, 2. Mauidzah atau ibrah, 3. Keteladanan, 4. Pengawasan dan , 5. Sanksi. Sedangkan evaluasi yang dilakukan dalam upaya pembinaan akhlak siswa adalah dengan, 1. Melihat langsung akhlak siswa sehari-hari, 2. Dengan pengawasan yang melibatkan orang tua siswa, dan 3. Evaluasi yang dilakukan pihak guru dalam rapat guru setiap bulan. Kemudian faktor pendukung adalah 1. Siswa yang sekaligus mondok sebagai teladan bagi yang lain. 2. Peran serta semua guru. 3. Pengawasan dari kyai pondok. Faktor penghambat, 1. Karakter siswa yang berbeda. 2. Kantin sekolah saat kegiatan berlangsung tetap buka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123174 NGAINUN NAJIB
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:39
Last Modified: 01 Aug 2016 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item