YULIATUL NI’MAH, 2811123237 (2016) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
1. COVER LENGKAPN SKRIPSI.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB II NW SKRIPSI SUPERVISI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
3.BAB II NW SKRIPSI SUPERVISI.pdf Download (356kB) |
||
|
Text
BAB IV SKRIPSI KU.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V skripsiku.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI skripsiku.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
daftar RUJUKAN.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Yuliatul Ni’mah ini dibimbing oleh DR. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pendidikan diarahkan untuk mengimbangi perubahan, perkembangan dan kebutuhan zaman. Di antaranya harus terdapat guru yang profesional dan sanggup mendidik murid secara efisien. Guru professional tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki ketrampilan yang tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan, tetapi juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dan masyarakat. Fokus Penelitian dalam Skripsi ini (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalime guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (2) Apa teknik supervisi yang digunakan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalime guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (3) Apa kendala pelaksanan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar? (4) Bagaimana upaya mengatasi kendala supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalime guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang kedua untuk mengetahui teknik supervisi yang digunakan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalime guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang ketiga untuk mengetahui kendala pelaksanan supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar, dan yang keempat untuk mengetahui upaya mengatasi kendala supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Aqidah Akhlak di MAN Kunir Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pola penelitian: deskriptif; teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut:1) pelaksanaan supervisi pembelajaran di MAN Kunir Wonodadi Blitar berjalan dengan baik, mendapat respon baik dari guru, tetapi tetap ada suatu hambatan meskiun sedikit, 2) dalam melaksanakan supervisi menggunakan teknik individual dan juga menggunakan model supervisi klinis serta model supervisi ilmiah, 3) hambatan yang dialami saat melaksanakan supervisi di MAN Kunir Wonodadi Blitar : keterbatasan waktu, dari guru-guru yang sulit diajak melakukan perubahan, 4) solusi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah dengan menunjuk guru yang dijadikan wakil kepala madrasah untuk melaksanakan supervisi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123237 YULIATUL NI’MAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 06:40 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3417 |
Actions (login required)
View Item |