Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung

Endrowati, Fitri Dwi (2014) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, dengan Model Pembelajaran jigsaw. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya yaitu Madrasah Ibtidaiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran IPA hasil belajar siswa relatif rendah, dikarenakan sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang membosankan. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran IPA seringkali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran jigsaw ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajran 2013/2014?2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV Mi Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajarn 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajran 2013/2014?2)Untuk mendeskripsikanpeningkatan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV Mi Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajarn 2013/2014? Manfaat penelitian ini adalah: 1) Secara teoritis: Hasil dari penelitian ini dapat bertujuan sebagai sumbangan untuk memperkaya khazanah ilmiah, khususnya tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang berkaitan dengan xvii peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian selanjutnya. 2) Secara praktis: a) Bagi Kepala sekolah MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung, Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dalam hal proses belajar mengajar. b) Bagi guru MI Muhammadiyah PlusSuwaru Bandung Tulungagung, Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran di kelas. c) Bagi siswa MI Muhammadiyah Plus Suwaru BandungTulungagung, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung dalam mata pelajaran IPA. d) Bagi peneliti lain,Bagi penulis yang mengadakan penelitian sejenis, hasil penelitian dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di sekolah.e) Bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan buat mahasiswa lainnya. f) Bagi pembaca, sebagai tambahan wawasan pengetahuan tentang model pembelajaran, sehingga pembaca tertarik untuk meneliti lebih lanjut. . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Wawancara digunakan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yakni sebesar 40% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 20%, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:27
Last Modified: 04 Dec 2014 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item